• Senin, 17 Januari 2022

Kunyah Daun Kemangi Selama Tiga Menit, Ini Manfaat Kesehatan yang Didapat

- Selasa, 23 November 2021 | 09:23 WIB
Bagian daun dari tanaman kemangi mempunyai manfaat kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Bagian daun dari tanaman kemangi mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com – Bagian daun dari tanaman kemangi mempunyai aroma cukup khas dan biasa dijadikan lalapan pada suatu masakan.

Ketika dijadikan lalapan seperti masakan pecel lele, gulai, nasi goreng dan sebagainya diyakini pula memiliki khasiat kesehatan. Bahkan juga jenis lalapan lain seperti kol, tomat dan mentimun.

Hal ini diyakini pula oleh Jiyamta yang tinggal di Godean Sleman, apalagi ia juga bisa membaca dari beberapa sumber yang mengupas tentang manfaat kesehatan daun kemangi.

Baca Juga: Tips Memeram Buah Mangga Agar Matang Sempurna

“Jika digunakan untuk membantu mengatasi dan mencegah bau badan, misalnya cukup rutin mengkonsumsi kemangi, misalnya dijadikan sebagai lalapan,” ungkap Jiyamta, baru-baru ini.

Adapun pemanfaatan sebagai bahan alami musuh disentri, panas dalam dan perut terasa mual, selain dijadikan sebagai lalapan, bisa juga daun kemangi diproses menjadi suatu ramuan alami.

Bisa juga menggunakan daun kemangi secukupnya, lalu dicuci bersih dan dikunyah sampai halus selama kisaran tiga menit. Selanjutnya ditelan dan segera minum air hangat.

Baca Juga: Resep Ayam Rica–rica Kemangi Pedas dan Gurih, ala Chef Devina Hermawan Cocok untuk Menu Makan Siang

Cara seperti ini dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari. Beberapa cara tersebut, atau bahkan cukup rutin menjadikan kemangi sebagai lalapan akan membantu menghindarkan dan mempercepat sembuhnya sariawan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diet Aman dan Sehat, Begini Tips dari Ahli Gizi UGM

Kamis, 13 Januari 2022 | 07:22 WIB
X