• Sabtu, 4 Desember 2021

Berbagai Manfaat Secang, Membersihkan Darah Hingga Melawan Diare

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 09:21 WIB
          Minuman berbahan secang bisa untuk mendukung terapi kesehatan secara mandiri. (Foto: Sulistyanto)
Minuman berbahan secang bisa untuk mendukung terapi kesehatan secara mandiri. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Kayu Secang merupakan bahan alami yang bisa membantu terapi kesehatan. Ketika dibuat minuman menyehatkan, dapat pula dipadu dengan batang serai, jahe, kayu manis dan cengkih.

Selain mempunyai tampilan dan cita rasa khas, minuman berbahan Secang juga dipercaya berkhasiat untuk membantu mencegah dan melawan timbulnya gangguan kesehatan. Seperti muntah darah, sistem pernafasan, malaria, tetanus hingga melawan diare.

“Selain dikenal membantu membersihkan darah, kayu secang juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lain. Dengan menggunakan secang, tampilan suatu minuman bisa berubah dari warna bening menjadi merah,” jelas Murniati asal Gamping Sleman.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 29: Orang Tua Tak Harmonis, Anak Jadi Korban

Adapun pemanfaatan kayu secang untuk dijadikan bahan alami berkhasiat, misalnya dipotong kecil-kecil, wujud serutan (tipis-tipis) maupun diolah menjadi wujud serbuk. Jika digunakan untuk membantu melawan muntah darah, yaitu bisa menggunakan satu jari kayu secang yang dicuci bersih lalu  dipotong-potong seperlunya.

Setelah itu direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa separohnya. Ketika masih hangat disaring dan diminum dengan madu seperlunya. Sehari rutin diminum antara dua sampai tiga kali.

Lain halnya jika digunakan untuk melawan serangan diare,  yaitu dapat memanfaatkan lima gram kayu secang yang dipotong kecil-kecil. Bahan ini direbus dengan dua gelas air bersih selama 15 menit.

Baca Juga: Kencan dengan Pria Hidung Belang, Ternyata Usianya Sudah Lebih 200 Tahun

Setelah dingin disaring, dibagi menjadi dua bagian, hasilnya diminum pagi dan sore hari. Selain itu secang dengan sebutan lain soga Jawa juga dipercaya dapat  membantu menjaga kesehatan sistim pernapasan, musuh malaria, tetanus, berak darah serta disentri.

Adanya bahan kayu manis juga akan memberi manfaat bagi kesehatan seperti membantu melawan sakit kepala, menjaga kesegaran badan, memperlancar sirkulasi darah, musuh infeksi kulit serta meredakan panas dalam.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Manfaat Kulit Bawang Banyak Banget Bun, Apa Saja?

Senin, 22 November 2021 | 10:11 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X