• Kamis, 20 Januari 2022

Manfaat Bawang Bombay Bantu Sehatkan Sistem Pencernaan dan Metabolisme

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 05:30 WIB
          Bawang bombay memiliki aneka manfaat termasuk di manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Bawang bombay memiliki aneka manfaat termasuk di manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Seperti halnya bawang putih maupun merah, bawang bombay memiliki banyak manfaat, misalnya di bidang kuliner maupun kesehatan alami. Apalagi bawang bombay juga mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan nutrisi dalam bawang bombay antara lain ada vitamin B dan C. Ada pula kandungan mineral antara lain, zat besi, kalsium, mangan dan magnesium.

Sedangkan kandungan seratnya banyak diyakini bisa membantu mendukung kesehatan sistem pencernaan maupun menjaga kesehatan sistem metabolisme tubuh. Selain itu bisa sebagai sumber antioksidan sehingga bisa berperan dalam menjaga serta meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dari beberapa gangguan kesehatan.

Baca Juga: Almari Kuna Menyimpan Misteri Soal Bocah Bengal yang Bernasib Sial

Bahkan bawang bombay juga bisa membantu detoksifikasi atau membuang berbagai toksin maupun logam berbahaya seperti merkuri, kadmium dan timah di dalam tubuh.

Bahkan juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Alhasil, membuat kerja insulin lebih efektif dan membuat berbagai organ tubuh lebih sensitif terhadap insulin. Tak ketinggalan, ada kandungan tiosulfinat di dalam bawang bombay sehingga dapat mencegah pembentukan bekuan darah, alias bisa membantu mengencerkan darah.

Rutin mengkonsumsi asupan berbahan bawang bombay diyakini pula bisa sebagai agen anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga dapat membantu melindungi pembuluh darah serta mencegah terjadinya berbagai penyakit jantung atau pembuluh darah serta stroke.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 8: Rahasia Terbongkar di Mata Keluarga Istri

Tak kalah penting, adanya kandungan flavonoid serta fenol di dalam bawang bombay, antara lain dapat berperan menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Bahkan adanya kandungan quercetin dan antosianin di dalam bawang ini antara lain bisa berperan menghambat pertumbuhan tumor dan memiliki agen anti inflamasi.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Diet Aman dan Sehat, Begini Tips dari Ahli Gizi UGM

Kamis, 13 Januari 2022 | 07:22 WIB
X