• Senin, 6 Desember 2021

Ikan Wader Mengandung Nutrisi yang Bagus untuk Menghindari Osteoporosis

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 06:00 WIB
Ikan wader dapat diproses menjadi beberapa olahan yang bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Ikan wader dapat diproses menjadi beberapa olahan yang bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Aneka jenis ikan air tawar diyakini dapat mendukung kesehatan badan. Wajar jika budidaya ikan terus berusaha dilestarikan maupun ditingkatkan berbagai pihak.

Termasuk juga dengan ikan-ikan ukuran kecil seperti wader. Ikan wader sendiri bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis, seperti wader pari, cakul dan derbang.

“Yang jelas meski ukurannya kecil, namun kaya kandungan protein. Selain itu ikan wader juga masih mempunyai banyak kandungan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan manusia,” terang Bagas Lantip P asal Kulon Progo.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 26: Istri Pertama Meninggalkan Warisan Melimpah

Dengan rutin mengkonsumsi olahan ikan wader antara lain diyakini dapat mencegah dan melawan gangguan kesehatan seperti terjadinya pengeroposan tulang atau sering disebut juga osteoporosis.

Adapun kandungan lemak pada wader bukan lemak jahat, sehingga dengan rutin mengkonsumsi olahan wader, diharapkan bisa berperan membantu melawan kolesterol jahat di tubuh.

Ada lagi kandungan mineral seperti zat besi yang mempunyai manfaat kesehatan antara lain dapat mendukung masa pertumbuhan tulang dan menjaga tulang dari berbagaikeluhan kesehatan.

Baca Juga: Main Drama Soal Pocong, Eh Pocong Beneran Malah Datang

Ada juga ikan lele yang dipercaya banyak kandungan gizi serta manfaat kesehatan. Terutama kandungan protein pada kedua jenis ikan tersebut cukup tinggi dan dibutuhkan untuk mendukung kesehatan badan dalam mencegah maupun membantu mempercepat sembuhnya gangguan kesehatan akibat virus dan bakteri, sehingga bisa disebut juga sebagai anti virus dan anti bakteri.

“Lalu asam lemak omega 3-nya antara lain dapat membantu peningkatkan fungsi saraf dan perkembangan saraf terlebih pada masa anak-anak,” urainya. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X