• Minggu, 3 Juli 2022

Manfaat Keji Beling untuk Mengatasi Masalah Sembelit, Batu Ginjal dan Wasir

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:30 WIB
Bagian daun keji beling bisa digunakan sebagai obat alami. (Foto: Sulistyanto)
Bagian daun keji beling bisa digunakan sebagai obat alami. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman keji beling terutama bagian daunnnya diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan, baik sebagai usaha untuk melawan maupun mencegah serangan gangguan kesehatan. Di antaranya melawan mengatasi sembelit, batu ginjal dan wasir.

Jika digunakan untuk melawan sembelit, bisa memanfaatkan setengah genggam daun keji  beling segar yang dicuci bersih menggunakan air mengalir.

Bahan ini selanjutnya direbus menggunakan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dalam keadaan hangat ataupun dingin segera disaring dan hasilnya diminum.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 36: Dihamili Bapak-bapak yang Sudah Berkeluarga

Langkah ini dilakukan cukup pagi dan sore atau malam hari sebelum tidur sampai sembelit bisa teratasi.

Sedangkan sebagai musuh batu ginjal, bisa menggunakan daun keji beling 50 gram, tanaman meniran segar lima sampai tujuh batang dan daun wungu lima sampai tujuh lembar.

Bahan-bahan ini dicuci bersih menggunakan air mengalir lalu direbus dengan empat gelas air bersih. Setelah air tinggal separohnya segera diangkat.

Baca Juga: Hilang Ditelan Siluman karena Masuk Hutan Larangan

Dalam keadaan masih hangat, lalu disaring dan diminum tiga kali per hari. Selain itu bisa memanfaatkan daun keji beling lima lembar, daun tempuyung segar lima lembar dan tongkol jagung enam buah.

Bahan-bahan dicuci bersih lalu direbus dengan lima gelas air bersih sampai tersisa separohnya. Setelah dalam keadaan hangat atau dingin segera disaring. Hasilnya dibagi untuk tiga kali minum dan dihabiskan dalam sehari. Cara ini rutin dilakukan setiap hari sampai rasa sakit menghilang.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X