• Sabtu, 4 Desember 2021

Asupan Makanan Berbahan Ketan Hitam Membantu Atasi Anemia

- Senin, 18 Oktober 2021 | 09:30 WIB
          Asupan berbahan ketan hitam bisa rutin dikonsumsi dan menyehatkan. (Foto: Sulistyanto)
Asupan berbahan ketan hitam bisa rutin dikonsumsi dan menyehatkan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Bahan-bahan dari ketan untuk membuat masakan diyakini memiliki gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain ada ketan hitam, kacang hijau, santan serta beberapa rempah yang dicampurkan saat membuah kuah.

Terutama ketan hitam, bisa membantu mengatasi anemia sebab cukup kaya kandungan zat besinya. Selain itu jika bisa dikonsumsi secara rutin dan teratur (asal tak berlebihan) juga bagus untuk kesehatan jantung serta mencegah diabetes.

“Dengan rutin mengkonsumsi asupan berbahan beras ketan, bisa juga untuk mendukung program diet penurunan berat badan berlebih atau untuk mencegah obesitas,” ungkap Kuntoro HN pemilik usaha penjualan bubur kacang hijau dan ketan hitam asal Tempel Sleman.

Baca Juga: Ustad Hilmi Firdausi Komentari Viral Mc Danny yang Diduga Hina Habib Rizieq Shihab

Tak kalah penting, asupan berbahan ketan hitam juga diyakini mampu menggantikan sel-sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lembut, mengandung pelembab alami serta dapat mendinginkan kulit.

Bahkan memiliki kandungan anti oksidan untuk mendukung kekebalan tubuh, membantu meminimalkan risiko kerusakan hati seperti hepatitis.

Selain itu dengan rutin mengkonsumsi asupan berbahan beras ketan hitam, akan bisa membantu  menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat. Metabolisme yang sehat dan lancar akan membantu proses penyerapan karbohidrat, protein dan kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 35: Merindukan Sosok Ayah yang Melindungi

Lalu adanya kandungan vitamin B-6 dalam pada beras ketan hitam antara lain bisa membantu mengontrol nafsu makan serta dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi.

Tak kalah penting, kandungan asam amino dan anti oksidan dalam ketan hitam juga bisa  membantu kesehatan kulit termasuk untuk mencegah penuaan dini. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Manfaat Kulit Bawang Banyak Banget Bun, Apa Saja?

Senin, 22 November 2021 | 10:11 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X