• Rabu, 8 Desember 2021

Manfaat Daun Kelor untuk Atasi Gangguan Pencernaan, Jantung dan Menjaga Fungsi Ginjal

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:58 WIB
          Daun kelor bisa diolah menjadi asupan berkhasiat dan bisa untuk terapi kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Daun kelor bisa diolah menjadi asupan berkhasiat dan bisa untuk terapi kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Daun kelor dikenal sebagai bahan alami yang sering digunakan untuk membantu terapi kesehatan. Selain bagian daun, akar dari tanaman ini pun diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan.

Sebagai contoh ketika ada gangguan sistem pencernaan, misalnya sakit perut tak perlu langsung membeli obat kimia, tapi bisa memanfaatkan daun kelor.

“Cara pemanfaatan daun kelor cukup beragam, daunnya yang muda dapat dijadikan sebagai lalapan. Bisa juga dibuat beberapa jenis masakan sayur dengan dicampur bahan-bahan lain,” jelas Sukisman yang tinggal di Sleman.

Baca Juga: Misteri Sosok Perempuan dalam Cermin di Rumah Tua

Selain itu daun kelor juga dapat diproses menjadi teh kesehatan, sehingga setiap memakai cukup diseduh dengan air panas atau hangat.

Bahkan pemanfaatan secara modern bisa menggunakan beberapa alat canggih, sehingga menjadi produk herbal yang lebih praktis serta lebih awet untuk disimpan.

Tak kalah penting juga, selain bagus untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan, daun kelor diyakini pula bisa berperan untuk menghindarkan dari risiko terserang ganguan kesehatan pada organ jantung.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 29: Orang Tua Tak Harmonis, Anak Jadi Korban

Tak ketinggalan, lalapan ataupun olahan daun kelor juga bagus untuk membantu menjaga fungsi ginjal dan hati. Dengan demikian berdampak bagus juga bagi kebugaran tubuh, sebab  fungsi pembuangan limbah lewat ginjal bisa berjalan normal.

Asupan berbahan daun kelor pun dipercaya bisa menyehatkan rambut, misalnya menjadikan tak mudah rontok dan tampil lebih bersih mengkilap (tidak pucat).

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Manfaat Kulit Bawang Banyak Banget Bun, Apa Saja?

Senin, 22 November 2021 | 10:11 WIB
X