• Sabtu, 4 Desember 2021

Ubi Ungu Kukus Lezat dan Menyehatkan

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:14 WIB
Ubi Ungu Rumahan yang Menyehatkan.  (Edy Susanto)
Ubi Ungu Rumahan yang Menyehatkan. (Edy Susanto)

harianmerapi.com - Banyak hasil bumi yang bisa dipetik oleh manusia dalam mendukung kesehatannya. Salah satunya adalah ubi ungu.

Menurut penelitian para pakar kesehatan, ubi ungu ini bermanfaat mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, menjaga berat badan agar tetap stabil dan ideal, mencegah kanker, untuk kesehatan mata dan mengurangi resiko peradangan dan tubuh.

Ubi ungu diketahui lebih rendah kalori dibandingkan dengan kentang dan memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi, yaitu vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu, ubi ungu juga merupakan sumber beta karoten yang baik dan kaya akan antioksidan.

Baca Juga: Daftar Pinjol Resmi yang Terdaftar dan Berizin OJK

Konsumsi ubi ungu dengan cara dikukus selama 30 menit dan dimakan pagi hari di saat perut kosong memiliki dampak baik untuk menyehatkan tubuh. Selain membuat perut tahan lapar, ubi ungu bisa membuat melancarkan pembuluh darah di jantung dengan kandungan kaliumnya.

Dikutip dari Alodokter, beragam manfaat ubi ungu di bisa Anda peroleh melalui berbagai cara dan salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi kue bolu ubi ungu. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara mengolahnya.

Bahan yang harus disiapkan dengan ukuran ideal yakni, 3 buah ubi ungu, kupas dan potong dadu, 250 ml santan, setengah cangkir blueberry segar, 2 sendok makan air perasan lemon, 2 sendok makan mentega tawar, 1 sendok makan madu, 1 sendok teh kayu manis dan kacang untuk hiasan.

Baca Juga: Gempa di Karangasem Bali Mengakibatkan Tiga Warga Meninggal

Bagaimana cara membuatnya, rebus ubi ungu hingga empuk dan matang selama kurang lebih 15 menit, kemudian angkat dan tiriskan. Kemudian. letakkan ubi ungu di dalam mangkuk besar dan hancurkan hingga halus lalu panaskan di oven hingga bersuhu 200 derajat celcius.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Manfaat Kulit Bawang Banyak Banget Bun, Apa Saja?

Senin, 22 November 2021 | 10:11 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X