• Kamis, 20 Januari 2022

Khasiat Bunga Matahari untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Mengobati Disentri

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 13:00 WIB
          Tanaman bunga matahari tampil khas dan memiliki khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Tanaman bunga matahari tampil khas dan memiliki khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com -Tanaman mempunyai tampilan bunga yang indah cukup beragam jenisnya. Antara lain ada jenis mawar, krisan, bunga matahari, melati, kana dan bunga sepatu. Selain cocok difungsikan sebagai tanaman hias, tanaman dengan tampilan bunga indah seperti ini diyakini pula mempunyai khasiat kesehatan.

Tak sedikit literatur menyebutkan jika tanaman bunga matahari mempunyai beberapa manfaat atau khasiat kesehatan, terutama pada bagian biji bunga matahari (kwaci), akar, batang, daun serta bunganya. Terutama bagian bunga matahari yang sudah tua akan ditemukan biji-biji warna kehitaman.

Biji bunga matahari antara lain bisa diolah menjadi camilan yang sudah banyak dikenal warga, yakni biasa disebut kwaci. Ketika bisa rutin mengkonsumsi kwaci antara lain akan diperoleh sumber vitamin E yang cukup tinggi. Salah satu manfaat kesehatan dari vitamin ini, yakni berperan menjaga kulit tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 2: Mencari Istri dengan Pertimbangan Harta

Selain itu dengan rutin mengkonsumsi kwaci dari bunga matahari diyakini bisa berperan menghindarkan serta mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti demam, rematik, disentri, pegal linu serta sakit kepala.

Resep sederhana untuk melawan disentri dan demam, yakni dapat memanfaatkan kisaran 30 gram biji matahari. Bahan ini diseduh dengan air hangat lalu ditim sekitar satu jam. Setelah diangkat, ditambah gula batu secukupnya dan hasilnya segera diminum.

Lain halnya jika digunakan untuk membantu mencegah sembelit ataupun memperlancar buang air besar, bisa memanfaatkan bagian akar tanaman bunga matahari. Resep sederhana yang bisa diterapkan, yaitu dengan memanfaatkan kisaran 30 gram akar tanaman bunga matahari yang sudah dicuci bersih menggunakan air mengalir, misalnya air dari kran.

Baca Juga: Nenek Menggendong Kayu Tiba-Tiba Menghilang Tak Berbekas

Bahan ini lalu direbus sampai mendidih menggunakan air secukupnya. Hasil rebusan disaring dan bisa diminum sehari dua kali, pagi dan sore hari. Selain itu, rebusan bagian daun maupun batang tanaman bunga matahari dipercaya berkhasiat mengatasi beragam keluhan kesehatan seperti anti nyeri, anti inflamasi, anti radang serta anti malaria.

Sedangkan jenis tanaman bunga sepatu, antara lain bisa menjadi musuh bronkitis. Caranya, dapat memanfaatkan dua kuntum bunga sepatu yang sudah dicuci bersih. Bahan ini lalu direbus menggunakan dua gelas air bersih sekitar 15 menit.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diet Aman dan Sehat, Begini Tips dari Ahli Gizi UGM

Kamis, 13 Januari 2022 | 07:22 WIB
X