• Selasa, 19 Oktober 2021

Manfaat Ikan Cakalang untuk Mencegah dan Melawan Rematik

- Minggu, 19 September 2021 | 20:08 WIB
          Daging ikan cakalang dapat diproses menjadi wujud tipis-tipis dan dicampurkan pada beberapa jenis asupan menyehatkan. (Foto: Sulistyanto)
Daging ikan cakalang dapat diproses menjadi wujud tipis-tipis dan dicampurkan pada beberapa jenis asupan menyehatkan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Bahan-bahan alami berasal dari satwa sering dikombinasi pada sejumlah asupan, sehingga cita rasanya makin mantap. Bahkan selain menambah cita rasa, banyak diyakini pula bisa menambah nilai gizi serta manfaat atau khasiat kesehatan.

Sebagai contoh ketika membuat nasi goreng dan makanan ringan seperti rempeyek ditambah telur dan membuat sambal diberi ikan teri. Tak sedikit pula asupan berasal dari Jepang, namun sudah banyak dibuat di berbagai negara, misalnya ada takoyaki biasa ditambah dengan daging ikan cakalang.

Agar praktis penggunaannya daging cakalang bisa diproses menjadi irisan kecil-kecil dan tipis, bahkan dibuat agak kering.

Baca Juga: Tamu Sungai Angker 2: Sosok Itu Panik Ketika Mendengar Suara Lolongan Anjing

“Selain mampu menambah cita rasa olahan seperti takoyaki, daging ikan cakalang seperti ini juga ada banyak manfaat kesehatannya,” ungkap salah satu kru kuliner Mbah Mo di kawasan Sembuh Kidul Sidomulyo Sleman, Rudi M.

Dengan rutin mengkonsumsi asupan berbahan ikan cakalang, antara lain diyakini bisa membantu mencegah maupun melawan rematik. Artinya juga ketika terkena rematik dengan rutin mengkonsumsi asupan berbahan cakalang, dengan Izin Yang Maha Kuasa maka akan lekas sembuh.

Apalagi jenis ikan laut ini juga banyak mengandung vitamin D yang baik untuk tulang serta pembuluh darah. Dengan demikian usaha pemulihan reumatik tak perlu menggunakan obat-obat berbahan kimia. Tak ketinggalan asupan ikan cakalang, seperti diolah dengan digoreng ataupun dibuat jenis masakan lain, bisa membantu proses pemulihan pembuluh darah terjepit.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 22: Sesudah Kesulitan Ada Kemudahan

Selain itu jika bisa rutin mengonsumsi olahan berbahan ikan cakalang akan berperan dalam mengurangi atau melawan rasa nyeri saat menstruasi. Bahkan membantu terapi pemulihan gangguan psikologis wujud depresi.

Lalu adanya kandungan vitamin D pada cakalang antara lain bisa mendukung kesehatan ataupun pertumbuhan tulang dan gigi, sehingga cocok untuk rutin diberikan kepada anak-anak saat masa pertumbuhan. Bagi orang dewasa, rutin mengonsumsi olahan ikan cakalang akan membantu mengurangi risiko gangguan kesehatan pada tulang serta serta gigi yang mudah tanggal.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawang Dayak Dipercaya Mampu Lancarkan Air Seni

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:26 WIB

Ubi Ungu Kukus Lezat dan Menyehatkan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:14 WIB

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB
X