• Minggu, 3 Juli 2022

Buah Duku Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

- Minggu, 12 September 2021 | 10:01 WIB
          Duku memiliki manfaat kesehatan, baik daging buah maupun bijinya. (Foto: Sulistyanto)
Duku memiliki manfaat kesehatan, baik daging buah maupun bijinya. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Sudah pernah mengkonsumsi daging buah duku? Tekstur dan cita rasa daging buah duku yang manis disenangi berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai lansia. Bahkan selain enak dikonsumsi juga punya nilai gizi serta manfaat kesehatan.

Dalam daging buah duku antara lain banyak terkandung Vitamin C, sehingga banyak diyakini dapat berperan menjaga serta meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Artinya juga mendukung kekebalan tubuh agar tak gampang terserang berbagai keluhan kesehatan. Jenis buah yang cukup populer ini bahkan bisa membantu menghindarkan kolesterol jahat di tubuh.

Dengan kata lain dapat menormalkan kadar kolesterol dalam darah, maupun membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu. Tak kalah penting, adanya kandungan vitamin E pada duku juga dapat berperan menjaga kesehatan kulit secara alami.

Baca Juga: Hewan Penular Rabies Menyebar di Mukomuko Bengkulu, 40 Warga Jadi Korban

Sedangkan kandungan proteinnya bisa membantu mencegah kerontokan rambut serta berperan menutrisi rambut. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi buah duku akan bisa membantu mendukung kesehatan dan kekuatan gigi secara alami.

Alasannya, antara lain dalam daging buah duku mengandung banyak mineral fosfor. Tak ketinggalan, kandungan serat alami dalam duku juga bisa bermanfaat memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas maupun toksin. Adanya radikal bebas serta toksin yang menumpuk di tubuh termasuk yang memicu munculnya kanker.

Selain bagian daging buah, bagian biji dari buah duku juga diyakini memiliki manfaat kesehatan, misalnya sebagai musuh diare, cacingan serta demam. Bahkan bagian kulit buah duku jika dikeringkan dan dibakar dapat digunakan sebagai pengganti obat nyamuk. Artinya mampu mencegah serangan nyamuk-nyamuk yang bisa menyebarkan gangguan kesehatan seperti demam berdarah.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 17: Mensegerakan Pemakaman

Adapun manfaat kesehatan, jika bisa rutin mengkonsumsi daging buah rambutan antara lain bisa mendukung imunitas atau daya tahan tubuh, sehingga diharapkan tak mudah terserang aneka gangguan kesehatan.

Alasannya antara lain asupan buah rambutan mengandung Vitamin C serta sumber antioksidan. Selain itu bisa berperan membantu melawan penyakit dalam tubuh termasuk serangan sariawan. Pasalnya, kandungan Vitamin C-nya yang tinggi mampu mempercepat sembuhnya keluhan kesehatan ini.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X