• Senin, 29 November 2021

Obati Sariawan dengan Manggis

- Jumat, 10 September 2021 | 14:56 WIB
          Buah manggis baik bagian daging buah maupun kulitnya ada khasiat kesehatannya. (Foto: Sulistyanto)
Buah manggis baik bagian daging buah maupun kulitnya ada khasiat kesehatannya. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Punya pohon manggis dan bisa rutin berbuah? Jika punya, sebaiknya dijaga kelestariannya atau tak ditebang. Apalagi beberapa bagian dari tanaman ini diyakini mempunyai khasiat kesehatan, misalnya bagian daging buah manggis, kulit buah maupun daun-daunya.

Ketika ada yang menyebut manggis sebagai super fruit, tentu ada beberapa alasan penting. Seperti dijelaskan M Bidayah asal Sidoarum Sleman, daging buah manggis termasuk jenis buah  karena kaya nutrisi.

“Adanya kandungan vitamin C dalam buah manggis diharapkan juga dapat melawan sariawan, tanpa perlu membeli obat berbahan kimia,” jelas Bidayah.

Baca Juga: SMA Muhammadiyah 1 Gelar Webinar Bersama Novelis Alvi Syahrin, Gratis untuk Seluruh Pelajar Indonesia

Adapun cara membuat ramuan untuk obat alami sebagai musuh sariawan, yaitu diawali dengan menyiapkan kulit manggis yang telah dicuci dan dipotong-potong keci. Bahkan dicuci bersih menggunakan air mengalir. 

Langkah selanjutnya, yaitu dengan merebus kulit manggis dengan tiga gelas air sampai air berkurang 50 persen. Setelah hangat atau dingin,  ramuan ini digunakan  untuk berkumur-kumur. Jika bisa diterapkan secara disiplin ataupun teratur diharapkan dapat membantu mempercepat sembuh gangguan kesehatan.

Adapun kandungan gizi dalam daging buah manggis, antara lain energi/kalori, karbohidrat, vitamin C, kalsium, lemak dan fosfor. Sudah sejak lama, bahkan sampai sekarang, sebagian warga sudah biasa  menggunakan buah manggis sebagai obat alami, antara lain untuk membantu menurunkan panas demam serta diare. Beberapa sumber menyebutkan pula, setelah melewati berbagai kajian  klinis dapat ditemukan beberapa khasiat manggis lainnya.

Baca Juga: Diganggu Hantu Usus 3: Pergi Sakit, Pulang Sudah Sehat Walafiat 

Satu di antaranya mengandung bahan aktif xanthone. Khasiatnya seperti membantu  melindungi sel dan mengurangi kerusakan pada sel akibat radikal bebas. Selain itu  bermanfaat sebagai anti oksidan, anti bakteri, anti kanker dan anti radang. 

Tak ketinggalan, buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti magnesium dan kalium. Keduanya sama-sama dibutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan. Kaliumnya sendiri merupakan komponen penting dari cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Untuk mendapatkan khasiat ini bisa juga dengan mengonsumsi daging buahnya secara langsung dengan rutin, bisa juga  olahan daging buah manggis yang telah dijus atau telah menjadi minuman jus buah manggis. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Manfaat Kulit Bawang Banyak Banget Bun, Apa Saja?

Senin, 22 November 2021 | 10:11 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X