• Kamis, 9 Desember 2021

Berbahan Kopi Cegah Batu Empedu dan Risiko Kanker Kulit

- Kamis, 9 September 2021 | 05:59 WIB
          Kopi berasal dari sejumlah daerah di Indonesia memiliki manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Kopi berasal dari sejumlah daerah di Indonesia memiliki manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Berbagai minuman mempunyai aroma, cita rasa maupun penampilan cukup khas. Ketika diyakini memiliki khasiat atau manfaat kesehatan, maka layak bisa rutin dikonsumsi asal tak berlebihan.

Sebagai contoh, yakni minuman berbahan bubuk kopi, cokelat (kakao), empon-empon dan rempah-rempah.

Khususnya minuman yang berbahan kopi, khasiat atau manfaat kesehatannya antara lain dapat membantu mencegah atau menurunkan risiko terkena batu empedu. Bahkan bisa berperan pula dalam menurunkan risiko kanker kulit, sebab kandungan kafein dalam biji kopi diyakini dapat berperan membunuh sel-sel prakanker secara alami.

Baca Juga: Kamar Kos Nomor Tiga Belas 1: Di Tembok Terdengar Suara Orang Ngorok

“Berbagai daerah di Indonesia dikenal sebagai penghasil kopi dengan kualitas bagus serta mampu memberi manfaat bagi kesehatan. Antara lain kopi asal Temanggung, Lampung, Bali dan Gayo. Selain bisa dikonsumsi tunggal, dapat juga ditambah dengan bahan menyehatkan lain seperti susu sapi dan rimpang jahe,” ungkap salah satu kru kuliner Omah Kluwih di Godean Sleman, Rama B,

Dengan izin Yang Maha Kuasa, lanjutnya, jika bisa rutin minum kopi, dalam sehari tak lebih tiga cangkir antara lain akan bisa menghindarkan dari diabetes tipe II.

Alasannya, kandungan asam klorogenik dalam kopi dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan diabetes.  Selain itu jika rutin minum dua sampai tiga cangkir minuman kopi diharapkan bisa mengurangi risiko terkena serangan stroke.

Baca Juga: Mendidik dengan Keteladanan Terbukti Berhasil, Ini Penjelasannya

Adapun minuman berbahan bubuk cokelat (kakao) antara lain diyakini bisa berperan dalam usaha mencegah risiko pembekuan darah serta melindungi terhadap kanker usus. Selain itu minuman berbahan coklat diharapkan dapat mensuplai kalsium dan magnesium bagi tubuh.

Beberapa kandungan senyawa pada coklat dipercaya pula bisa membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan berfungsi sebagai antioksidan, sehingga juga bisa membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Risiko Kasus ISPA Meningkat Saat Musim Hujan

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:45 WIB

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB
X