• Kamis, 9 Desember 2021

Minuman Berbahan Rempah dan Empon-empon Tingkatkan Imun dan Lancarkan Sirkulasi Darah

- Sabtu, 4 September 2021 | 19:54 WIB
          Minuman tradisional berbahan rempah dan empon-empon bisa mendukung kesehatan badan secara alami. (Foto: Sulistyanto)
Minuman tradisional berbahan rempah dan empon-empon bisa mendukung kesehatan badan secara alami. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Aneka jenis minuman tradisional banyak yang menggunakan bahan-bahan alami terutama wujud rempah dan empon-empon. Sebagian minuman seperti ini sudah lama ada, misalnya wedang uwuh, bajigur, bandrek serta ber mataram/ber pletok. Ada pula yang berkreasi dalam memberi nama maupun campuran bahan rempah maupun empon-empon.

Tak jarang dengan campuran bahan-bahan tersebut bisa menjadikan punya cita rasa unik, warna maupun aroma khas. Tak kalah penting, ada manfaat atau khasiat kesehatannya.

Seperti dijelaskan salah satu tim kuliner Mbah MO di barat pasar Ikan Rewulu Godean Sleman, Harlinggo Ben, secara garis besar minuman tersebut dapat berperan meningkatkan kekebalan atau imun tubuh, melancarkan sirkulasi/peredaran darah, menghangatkan badan, menjaga stamina serta melancarkan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi di Temanggung, Sudah Sampai Seberapa?

“Bahkan bisa juga dikupas satu per satu bahan-bahan alami yang digunakan. Ketika manfaat kesehatannya saling digabung, diharapkan semakin berdampak bagus bagi kesehatan tubuh,” terangnya.

Sebagai contoh ada minuman tradisional yang diberi nama terkait seni  wayang seperti Rama, Abimanyu, Baladewa, Asmaradana dan Dewabrata. Bahan alami wujud empon-empon dan rempah untuk membuat minuman Rama antara lain ada jahe sudah geprek, serai dengan bonggolnya sudah digeprek, cengkih, kayu manis, irisan jeruk nipis serta temulawak. Pemanisnya disediakan dalam wadah tersendiri, yakni bisa memilih gula Jawa atau gula batu.

Sedangkan minuman bernama Baladewa menggunakan bahan seperti rimpang jahe, asam Jawa, serai, jeruk nipis dan kencur. Asmaradana berbahan rimpang jahe, irisan jeruk nipis, jeruk peras dan cengkih. Sedangkan Dewabrata berbahan jahe, kunir, cengkeh serta serai. Ada lagi, Abimanyu antara lain berbahan kunir, asam Jawa, jeruk nipis dan kencur. Pemanisnya sama semua, bisa memilih gula Jawa atau gula batu.

Baca Juga: Mengapa Cinta Laura Pakai Instrumen Tradisional di Lagu 'Markisa', Ini Alasannya

“Yang menggunakan bahan kunir disenangi berbagai kalangan, namun kaum wanita lebih senang. Apalagi ketika datang bulan antara lain bisa memperlancar haid maupun antibiotik alami,” tambahnya.

Lain halnya dengan asupan menyehatkan seperti wujud jagung bakar, banyak diyakini memiliki kandungan nutrisi yang bisa mendukung kesehatan badan. Terutama kandungan likopen dan vitamin C di dalam jagung dikenal sebagai antioksidan. Sehingga dapat berperan menyingkirkan radikal bebas serta berperan dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Risiko Kasus ISPA Meningkat Saat Musim Hujan

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:45 WIB

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB
X