• Selasa, 19 Oktober 2021

Penderita Asam Lambung Meningkat Saat Pandemi Covid-19, Bagaimana Pencegahannya?

- Sabtu, 4 September 2021 | 18:39 WIB
Ilustrasi orang menahan sakit akibat asam lambung.  (ANTARA/HO/Pexels)
Ilustrasi orang menahan sakit akibat asam lambung. (ANTARA/HO/Pexels)

JAKARTA, harianmerapi.com - Penyakit asam lambung dan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) memang tidak menular, namun cukup berbahaya jika sampai terserang.

Yang perlu diwaspadai, penyakit ini turut meningkat seiring dengan adanya pandemi Covid-19 sepeeti sekarang ini.

Dari catatan dalam studi di Amerika Serikat selama pandemi, penjualan obat antasida atau pereda gejala asam lambung meningkat sangat signifikan lantaran banyaknya masyarakat yang mengalami stres di masa sulit ini.

Di India tercatat dalam studi 7 dari 30 orang mengalami GERD, karena pola dan gaya hidup yang tidak teratur dan tidak sehat.

Mengutip dari New York Times, GERD ditandai dengan perasaan terbakar atau panas di bagian perut dan kerongkongan, yang menyebabkan penderitanya tidak dapat beraktivitas dengan normal karena asam lambung yang bergejolak terutama pada saat bergerak.

Baca Juga: Jabar, Jatim dan DIY Menjadi Provinsi Penyumbang Pasien Sembuh Terbanyak Hari Ini

Selain memberikan rasa tidak nyaman di area perut dan kerongkongan, penderita juga bisa mengalami rasa ingin muntah, suara yang serak, gangguan di saluran pernafasan, batuk, hingga asma.

Efek dari asam lambung pun akan terasa sangat lama dan sulit ditangani dalam waktu singkat. Jika terjadi terlalu sering, maka penderita bahkan memiliki risiko tinggi mengidap kanker mematikan yang disebut esphageal adenocarcinoma.

Gaya hidup makan makanan yang instan, makan tanpa mengunyah yang ideal, hingga minum minuman yang mengandung kafein di kala perut masih kosong menjadi faktor-faktor ringan yang justru memperburuk kondisi lambung penderita GERD.

Bagi anda yang mau terhindar dari GERD atau sudah menderita penyakit asam lambung ini sudah lama dan tidak mau kembali merasakannya maka anda perlu melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB

Petai Hindarkan Sembelit dan Hipertensi

Senin, 11 Oktober 2021 | 19:08 WIB
X