• Minggu, 23 Januari 2022

Hilangkan Bercak Putih pada Kulit karena Vitilgo dengan Ekor Kucing

- Jumat, 10 September 2021 | 06:04 WIB
          Bagian daun dan bunga tanaman ekor kucing berkhasiat. (Foto: Sulistyanto)
Bagian daun dan bunga tanaman ekor kucing berkhasiat. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman ekor kucing yang bisa ditanam di pot maupun tanah langsung, memiliki khasiat kesehatan.

Khasiat atau manfaat kesehatannya, antara lain sebagai musuh bercak putih pada kulit, karena kehilangan pigmen atau sering disebut juga dengan istilah vitiligo.

Cara membuat ramuannya, yakni segenggam daun segar bunga ekor kucing dan kencur seukuran setengah ibu jari dicuci sampai bersih. Setelah itu digiling sampai halus. Hasilnya dibalurkan pada bagian tubuh yang berbercak putih dan segera dibalut. Resep ini rutin diterapkan setiap hari sampai keluhan vertiligo tersebut bisa sembuh.

Baca Juga: Kak Seto Ingatkan Pentingnya Menjaga Psikologis Anak Saat PTM Maupun PJJ

Lain halnya jika digunakan untuk membantu mempercepat luka berdarah, guna menutup luka tersebut yakni membutuhkan segenggam daun segar bunga ekor kucing. Bahan ini dicuci sampai bersih lalu ditumbuk halus.

Hasilnya ditempelkan pada luka, lalu dibalut dengan kain perban. Jika untuk muntah berdarah,  bunga segar dan pinang secukupnya dicuci sampai bersih lalu kunyah. Selama dikunyah, dapat ditambah sedikit jahe, kencur dan daun pulai yang masih muda.

Air kunyahannya dapat ditelan dan ampasnya dibuang. Cara ini dilakukan beberapa kali dalam sehari, sampai keluhan tersebut teratasi.

Baca Juga: Prima Founder Rilis Webseries Kakekane, Huburan bagi Penggemar Sitkom

Adapun ciri tanaman ekor kucing, antara lain berdiri dengan tegak lantaran mempunyai batang bulat, percabangan simpol serta permukaan kasar. Tanaman ini memiliki daun tunggal dengan tangkai panjang yang agak berseling, daunnya lonjong dengan pangkal yang tumpul serta ujung runcing dan sisi pinggirnya bergerigi.

Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam tanaman ekor kucing, misalnya acalyphin, flavonoid, saponin serta tanin. Efek farmakologis ekor kucing, salah satunya menghentikan pendarahan serta meluruhkan air seni.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kandungan Kalsium Ikan Salem Mampu Redakan Nyeri Haid

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:30 WIB
X