• Selasa, 19 Oktober 2021

Ini yang Perlu Dilakukan Jika Mengalami 'Long Covid-19'

- Minggu, 12 September 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi  (ANTARA/Shutterstock)
Ilustrasi (ANTARA/Shutterstock)

harianmerapi.com - Tak sedikit orang mengalami gejala sakit Covid-19 yang cukup lama atau Long Covid-19. Jika hal ini terjadi, maka saran dari dokter spesialis penyakit dalam dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD. adalah berhati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

"Meskipun gejala Long Covid-19 ini bisa diatasi secara medis, pasien Covid-19 perlu tetap selalu waspada. Apabila mengalami Long Covid-19, pasien harus lebih hati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari, namun bukan berarti berhenti sepenuhnya," kata dia seperti dikutip dari siaran pers Good Doctor, Minggu (12/9/2021).

Ditambahkannya, Anda perlu mengatur kegiatan agar tidak terlalu kelelahan, melakukan kegiatan sesuai dengan kemampuan termasuk aktivitas fisik dengan teratur agar otot-otot tetap bekerja.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo: Saya Sangat Gugup tapi Tidak Memperlihatkannya

Kemudian, apabila gejala semakin memburuk segera berkonsultasilah dengan dokter, salah satunya melalui telemedisin demi meminimalisir risiko kembali terpapar virus.

Long Covid-19 yakni gejala sisa setelah empat pekan sejak seseorang mulai merasakan gejala Covid-19 sampai dinyatakan negatif. Gejala ini dapat berupa sesak napas, nyeri sendi, nyeri otot, batuk, diare, kehilangan penciuman, dan pengecapan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kebanyakan kasus infeksi Covid-19 akan pulih dan kembali sehat dalam jangka waktu beberapa minggu.

Baca Juga: Buah Ceremai Bantu Atasi Kolesterol Jahat, Batuk, dan Hipertensi

Tetapi, beberapa kasus dapat menunjukkan gejala yang berlangsung lebih lama atau bahkan berbulan-bulan setelah dinyatakan negatif, dan kondisi ini disebut sebagai Long Covid-19.

Sebanyak 5-20 persen pasien Covid-19 mengalami Long Covid-19 lebih dari 4 minggu dan diperkirakan 1 setiap 10 pasien Covid-19 dapat mengalaminya hingga lebih dari 12 minggu.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB

Petai Hindarkan Sembelit dan Hipertensi

Senin, 11 Oktober 2021 | 19:08 WIB
X