• Rabu, 26 Januari 2022

Cocok Jadi Teman Urap dan Gudangan, Daun Kenikir Punya Khasiat Sebagai Antioksidan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:59 WIB
Daun kenikir mempunyai tampilan khas dan bisa mendukung kesehatan badan. (Sulistyanto)
Daun kenikir mempunyai tampilan khas dan bisa mendukung kesehatan badan. (Sulistyanto)

harianmerapi.com - Daun kenikir mempunyai tampilan dan aroma cukup khas. Bahan alami ini sering dicampurkan pada beberapa jenis asupan seperti urap, gudangan dan pecel. Bisa juga dibuat menjadi keripik maupun cukup dijadikan untuk lalapan.

Manfaat atau khasiat kesehatannya, antara lain bisa sebagai antioksidan. Dengan manfaat seperti ini diharapkan bisa berperan dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh agar tak mudah terserang gangguan kesehatan. Diyakini pula bisa mengurangi risiko serangan kanker.

Jika dijadikan ramuan alami, misalnya cukup menggunakan daun kenikir kisaran 100 gram. Bahan ini dicuci menggunakan air mengalir. Selanjutnya bisa segera dikukus sampai matang dan hasilnya dikonsumsi.

Baca Juga: Indonesia Puncaki Kekuatan Militer di Asia Tenggara, DPR Apresiasi Kinerja Menhan Prabowo Subianto

Selain itu bisa juga direbus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa dua gelas. Setelah dalam keadaan hangat atau dingin airnya disaring dan diminum dua kali sehari.

Daun kenikir dapat juga membantu meningkatkan nafsu makan, misalnya bagi warga sudah lansia maupun baru saja sembuh dari serangan gangguan kesehatan. Jika diproses menjadi ekstrak minyak daun kenikir, antara lain bisa digunakan sebagai pengusir serangga seperti nyamuk. Artinya juga dapat membantu menghindarkan gangguan kesehatan yangditularkan oleh nyamuk, seperti malaria dan demam berdarah.

Adapun jenis tanaman kenikir yang biasa diolah bagian daunnya, yakni kenikir yang mempunyai bunga warna kuning ataupun putih kombinasi keunguan. Kenikir termasuk tanaman perdu yang mampu menebarkan aroma khas dari daun maupun bunganya.

Idealnya ditanam di tanah subur, liat dan sirkulasi air lancar atau tak menggenang. Bisa juga menggunakan pot atau wadah lain. Namun yang jelas, kenikir senang lokasi yang terbuka alias bisa banyak mendapatkan sinar matahari penuh.

Selain daun kenikir, bunga turi juga sering dicampurkan pada pecel. Selain bisa menambah cita rasa serta nutrisi pada pecel, bunga turi juga diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Sebagai contoh dapat membantu mencegah dan melawan sembelit. Bahkan bisa menjadi bahan alami untuk melancarkan air susu ibu (ASI). Diyakini pula dapat mendukung kesehatan kulit secara alami.*

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X