• Sabtu, 29 Januari 2022

Berbagai Khasiat Tanaman Tembelekan, untuk Membantu Atasi Nyeri Pinggang Hingga Luka Memar

- Senin, 4 Oktober 2021 | 10:00 WIB
 Tanaman tembelekan dapat digolongkan sebagai tanaman berkhasiat obat. (Foto: Sulistyanto)
Tanaman tembelekan dapat digolongkan sebagai tanaman berkhasiat obat. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman tembelekan sering pula sebut lantana. Baik akar serta daun tembelekan mempunyai khasiat kesehatan.

Menurut Ny Rismini yang tinggal di kawasan Gowongan Yogya antara lain bisa sebagai musuh bebuyutan nyeri pinggang dan rematik.

Jika menggunakan bagian akarnya, yaitu bagian akar yang kering cukup segenggam direbus dalam lima liter air bersih sampai mendidih dalam waktu kisaran 15 menit.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 6: Mantan Pacar Hamil Minta Tanggung Jawab

Dalam keadaan masih hangat, airnya digunakan untuk mandi secara rutin sampai keluhan kesehatan tersebut bisa teratasi.

Jika menggunakan daunnya, daun tembelekan segar secukupnya direbus dengan air bersih. Air hasil rebusan digunakan untuk mandi, Adapun resep  sederhana lainnya, yakni daun tembelekan segar setelah dicuci bersih lalu dipipis.

Bahan ini ditambah air kapur sirih secukupnya sambil diaduk-aduk sampai menjadi adonan mirip bubur kental. Selanjutnya diborehkan pada bagian yang sakit.

Baca Juga: Tipe-tipe Orang dalam Memilih Smartphone Menurut Bintang Emon. Kamu Tipe yang Mana?

Pemilik nama lain lantana, kembang satek dan saliraya ini diyakini juga dapat berperan melawan keseleo,  pegal linu dan nyeri pinggang. Bahkan dapat dijadikan musuh gangguan kesehatan lain seperti luka, bengkak dan memar.

Caranya dengan melumatkan daun tanaman tembelekan secukupnya, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terkena bengkak, luka maupun memar tersebut.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X