• Selasa, 9 Agustus 2022

Khasiat Teh Talua untuk Dukung Imunitas Tubuh

- Selasa, 28 September 2021 | 05:00 WIB
          Teh talua menggunakan bahan-bahan alami seperti teh hitam, telur, madu dan jeruk nipis. (Foto: Sulistyanto)
Teh talua menggunakan bahan-bahan alami seperti teh hitam, telur, madu dan jeruk nipis. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Aneka jenis minuman mampu membantu mendukung kekebalan atau imunitas tubuh. Antara lain ada yang berbahan empon-empon maupun rempah-rempah.

Bahkan perpaduan bahan utama minuman teh dengan kuning telur bebek maupun ayam kampung juga banyak diyakini mampu membantu mendukung imunitas tubuh secara alami.

Minuman tersebut sering disebut teh talua atau teh telur, awalnya rutin dikonsumsi suku Minangkabau di Sumatera Barat. Biasa juga menjadi suguhan saat ada tamu.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 28: Menjatuhkan Pilihan Hati dengan Hati-hati

Dalam perkembangannya, minuman menyehatkan ini bisa menyebar ke berbagai tempat, bahkan sering dijadikan sebagai menu minuman di lokasi kuliner. Hal ini diungkap Rizky Setiawan salah satu juru masak di kuliner nasi Padang Resep Bundo, Berjo Wetan Jalan Godean-Ngapak, Rizky Setiawan.

“Ketika saya masih tinggal di Sumatera Barat, cukup mudah menemukan lokasi kuliner yang menyediakan teh talua. Bahkan ketika bertamu di beberapa rumah teman dan sanak-saudara sering juga dibuatkan teh talua,” jelas Rizky.

Menurutnya, perpaduan bahan alami dalam minuman tersebut seperti teh, kuning telur, jeruk nipis, madu, serai dan susu kental manis mempunyai banyak manfaat atau khasiat kesehatan.

Baca Juga: Hantu Jamu Gendong Gentayangan di Jembatan Tempat Ia Dibunuh Preman

Bahkan bisa dikreasi juga dengan ditambah bubuk jahe merah dan kayu manis. Adapun jenis teh yang digunakan, idealnya teh hitam murni dan pihaknya masih mendatangkan dari Sumatera Barat model dipaketkan.

“Teh hitam murni dikenal mempunyai cita rasa khas, ada banyak kandungan antioksidan, sebagai musuh kolesterol jahat dan sebagai anti kanker. Ketika dicampurkan dengan kuning telur sudah direbus sampai mendidih dan masih dalam keadaan panas minimal 90 derajat Celcius,” paparnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fungsi Garam bagi Tubuh Seberapa Penting?

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:50 WIB

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X