• Selasa, 19 Oktober 2021

Manfaat Kemiri untuk Melawan Sembelit dan Ketombe

- Jumat, 17 September 2021 | 05:25 WIB
          Kemiri  dapat dimanfaatkan di bidang kesehatan, baik dengan cara tradisional maupun modern. (Foto: Sulistyanto)
Kemiri dapat dimanfaatkan di bidang kesehatan, baik dengan cara tradisional maupun modern. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Jenis rempah-rempah cukup beragam dan mudah ditemukan di negara kita tercinta, Republik Indonesia. Peran dari dari rempah-rempah pun tak dapat disepelekan dalam kehidupan ini, misalnya di bidang kuliner, kosmetik sampai kesehatan alami. Salah satunya adalah kemiri.

Penerapan cara tradisional bisa diperoleh dari beberapa sumber termasuk gethok tular. Hal ini diakui pula oleh Budiyanto yang tinggal di kawasan Sleman dan senang dengan ramuan-ramuan tradisional menyehatkan.

“Sebagai contoh, rempah-rempah jenis kemiri antara lain bisa dimanfaatkan untuk membantu melawan sembelit sampai mendukung kesehatan rambut atau ketombe,” terangnya.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 19: Berat Membayangkan Masa Depan

Jika digunakan untuk melawan sembelit, cukup menggunakan satu buah kemiri dikombinasi bahan berkhasiat lain seperti dua siung bawah merah, 30 gram daun urang-aring, 10 gram kayu manis, lima gram pulosari, enam  gram adas dan setengah sendok teh garam.

Semua bahan dihaluskan lalu direbus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc atau separohnya. Setelah itu disaring dan airnya diminum dua kali sehari, masing-masing cukup 200 cc sekali minum.

Sedangkan untuk membantu menyuburkan/mengatasi rambut rontok dan melawan serangan  ketombe, yakni bisa menggunakan kemiri yang sudah diproses menjadi minyak kemiri terlebih dahulu.

Baca Juga: 'Lovers of The Red Sky' Disukai Penggemar Drakor, Ini Beberapa Rahasianya

Cara memanfaatkan atau resep lainnya, yakni cukup menggunakan lima buah kemiri yang ditumbuk halus. Lalu ditambah  air secukupnya dan dimasak sampai  mengeluarkan minyak. Hasilnya digosokkan ke kulit kepala dan rambut sampai merata. Rata-rata dilakukan tiga kali dalam seminggu. 

“Bagi yang mempunyai pohon kemiri maupun jenis tanaman lain yang mempunyai manfaat kesehatan, sudah selayaknya untuk tetap dijaga kelestariannya,” tandas Budi. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawang Dayak Dipercaya Mampu Lancarkan Air Seni

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:26 WIB

Ubi Ungu Kukus Lezat dan Menyehatkan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:14 WIB

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB
X