• Selasa, 6 Desember 2022

Pare Lumpuhkan Tekanan Darah Tinggi

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 09:08 WIB
          Asupan berbahan pare ditakuti hipertensi. (Foto: Sulistyanto)
Asupan berbahan pare ditakuti hipertensi. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Masakan berbahan pare biasa maupun pare ulo sering dijumpai di warung-warung makan ataupun suatu kompleks kuliner. Tak hanya mempunyai cita rasa serta tekstur khas, sehingga mempunyai penggemar tersendiri.

Tak kalah penting, diyakini ada beberapa manfaat atau khasiat kesehatannya. Salah satu yang penting, yakni dapat berperan membantu melumpuhkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Caranya bisa cukup rutin mengkonsumsi asupan berbahan pare biasa maupun pare ulo seperti diolah menjadi sayur.

Namun, perlu diinggat pula jangan sampai berlebihan. Ada pula yang memanfaatkan bahan ini dengan dibuat minuman jus sayur. Khasiat penting lainnya, yakni bisa membantu mendongkrak nafsu makan, misalnya bagi lansia, yang sedang sakit maupun pasca sakit.

Baca Juga: Kembang Lawang Bantu Singkirkan Batuk

Ada pula yang punya resep dengan cara, pare dicuci sampai bersih dahulu selanjutnya dilembutkan. Hasilnya ditambah setengah gelas air bersih lalu diaduk dan diperas. Sehari cukup minum satu kali, semoga bisa membantu mengatasi demam dan dalam waktu tak lebih dari dua minggu dapat diatasi tanpa perlu membeli obat berbahan kimia.

Sebagai musuh demam bisa juga menggunakan daun pare, caranya cukup  memilih tiga daun pare segar dicuci bersih menggunakan air mengalir. Bahan ini dilumatkan dan ditambah segelas air dan sedikit garam lalu diseduh. Masih perlu diperas dan disaring lalu diminum dua kali sehari sebanyak setengah gelas.

Baca Juga: Kyai Raden Santri 4: Keris Pusaka Ditancapkan, Keluar Air yang Melimpah

Sedangkan untuk mengatasi bekas luka, segenggam daun pare segar dicuci bersih. Setelah itu dilumatkan dan ditambah sedikit air panas. Setelah itu diperas dan campur air perasan tersebut dengan dua sendok makan tepung beras. Hasilnya diaduk sampai merata dan diborehkan pada bagian bekas luka setiap hari.

Bisa juga sebagai musuh penyakit kulit, dengan resep sederhana, yaitu cukup membuat satu cangkir sari daun pare. Langkah membuat ramuannya, memilih tiga helai daun pare ditambah satu setengah cangkir air. Setelah itu direbus sampai mendidih dan diperas. Masih disusul dengan mencampurkan air perasan berupa sari tersebut dengan sesendok air jeruk dan diminum sekali sehari. *

 

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Mengenal Sarkopenia, penyebab dan cara pencegahannya

Selasa, 29 November 2022 | 20:55 WIB
X