• Selasa, 7 Desember 2021

Kembang Lawang Bantu Singkirkan Batuk

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 07:08 WIB
          Kembang lawang atau pekak tampil khas dan berkhasiat.   (Foto: Sulistyanto)
Kembang lawang atau pekak tampil khas dan berkhasiat.   (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Rempah dengan aroma dan tampilan khas ini mempunyai sejumlah nama, yaitu pekak, bunga atau kembang lawang . Selain sering digunakan sebagai rempah-rempah untuk menyedapkan masakan,  kembang lawang juga memiliki khasiat obat alami.

Berbagai sumber pun telah membahas seputar khasiat kesehatan dari kembang lawang.  Lalu untuk memperoleh bahan ini, misalnya dapat membeli di kios-kios penyedia bahan jamu ataupun herbal. 

Menurut Anita S asal Sleman,  bahan  alami ini dapat dijadikan suatu minuman tradisional seperti jamu sampai campuran minum teh. Ketika  mengkombinasikan teh hitam dan bubuk kembang  lawang, antara lain akan bisa membantu menyingkirkan serangan batuk.

“Kembang lawang  atau pekak  memang dikenal sebagai salah satu rempah yang dapat memberi rasa sedap dan aroma  khas pada makanan. Tak kalah penting, dapat juga dijadikan bahan alami menyehatkan badan,” terangnya.

Baca Juga: Polwan Polres Sukoharjo Ikuti Pelatihan Bahasa Isyarat untuk Pelayanan Penyandang Disabilitas

Adapun khasiat penting lainnya, yakni dapat digunakan  sebagai diuretik atau melancarkan saluran kencing secara alami. Bahkan pekak juga diyakini mampu membantu mengatasi gangguan pencernaan dan sakit sendi. Lain halnya jika sudah diproses menjadi minyak antara lain dapat mengurangi  gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung.  

Selain itu kandungan asam shikimat (shikimic acid) dalam kembang  lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat obat anti flu burung.

“Ada juga yang mampu memproses menjadi teh kesehatan yang bisa berperan  menurunkan berat badan  secara alami, misalnya sehari minum satu atau dua kali teh kesehatan berbahan bunga lawang,” urainya.

Baca Juga: Mlanding Turunkan Kadar Gula Darah dan Atasi Masalah Cacingan

Sedangkan beberapa ciri kembang lawang, misalnya mempunyai bentuk seperti bintang bersudut delapan dengan ujung berisi biji pipih. Bunga berwarna kecokelatan dan keras, bagian tengahnya berisi biji berwarna cokelat dan mengkilap. Bahkan ada yang menyatakan aroma kembang lawang  harum mirip adas. Saat berada di pasaran biasa dijual dalam bentuk masih utuh, ada yang pecah-pecah maupun sudah berwujud bubuk. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Manfaat Kulit Bawang Banyak Banget Bun, Apa Saja?

Senin, 22 November 2021 | 10:11 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X