• Senin, 27 Juni 2022

Manfaat Jambu Air untuk Atasi Sembelit dan Menjaga Kesehatan Jantung

- Sabtu, 25 September 2021 | 05:00 WIB
    Jambu air memiliki kandungan gizi dan khasiat kesehatan.       (Foto: Sulistyanto)
Jambu air memiliki kandungan gizi dan khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Aneka jenis buah-buahan diyakini mempunyai kandungan serat cukup tinggi. Salah satunya, yaitu buah jambu air. Dengan kandungan serat ini antara lain akan menjadikan tubuh lebih mudah mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan.

Artinya pula membantu memperlancar sistem pencernaan, menghindarkan  dan melawan sembelit. Caranya cukup rutin mengkonsumsi jenis-jenis jambu air. Lebih ideal lagi jika mempunyai tanaman jambu air sendiri, baik dengan ditanam di tanah langsung ataupun menggunakan pot atau biasa disebut tabulampot.

Sebaiknya juga tanaman jambu air cukup dipupuk secara berkala menggunakan pupuk organik seperti dari kompos dan kotoran hewan.

Baca Juga: Mbah Kyai Pahing 2: Tradisi Jum'at Pahingan Terkenal karena Adanya Mitos

Meski tampilannya sederhana, namun kandungan nutrisi dalam jambu air banyak dibutuhkan tubuh, misalnya ada kandungan vitamin C, A, kalsium, thiamin, niacin kalium dan zat besi.

Ketika bisa rutin mengkonsumsi jambu air dengan izin Yang Maha Kuasa akan dapat membantu juga dalam usaha menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung secara alami.

Tak ketinggalan dapat menjadi musuh kolesterol jahat di tubuh. Bahkan bisa mendukung sistim kekebalan tubuh agar terhindar dari gangguan kesehatan atau penyakit yang disebabkan infeksi.

Baca Juga: Misteri Pring Petuk 2: Tiba-tiba Muncul Sosok Laki-laki

Selain itu kandungan vitamin C dan A pada jambu air antara lain bisa bermanfaat sebagai rival kanker maupun usaha/ikhtiar mencegah terserang kanker. Ada pula yang meyakini ketika bisa rutin dikonsumsi dapat menghindarkan risiko terkena diabetes.

Khususnya jambu air varietas jambu bol, bahkan dapat dijadikan musuh bebuyutan demam. Cara sederhananya, yaitu bisa cukup dengan menyeduh buah jambu ini menggunakan air hangat, lalu diminum airnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X