• Jumat, 22 Oktober 2021

Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Ini Tips Agar Tanaman Gambas Lebih Subur

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 06:29 WIB
          Tanaman gambas ditanam di pinggir kolam, bagian buahnya dibungkus plastik agar terhindar dari serangan hama. (Foto: Sulistyanto)
Tanaman gambas ditanam di pinggir kolam, bagian buahnya dibungkus plastik agar terhindar dari serangan hama. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman gambas atau oyong termasuk jenis sayur yang cukup populer. Jika piawai memasaknya, bagian buah dari sayur gambas bisa memiliki cita rasa serta tekstur khas.

Bahkan gambas diyakini mempunyai banyak kandungan gizi dan bermanfaat bagi kesehatan. Seperti misalnya bisa sebagai musuh kolesterol jahat, darah tinggi dan membantu menjaga imunitas tubuh.

Suatu hal menguntungkan pula, perawatan jenis tanaman merambat layaknya pare ini juga tak sulit. Selain itu dalam waktu antara 40 sampai 45 hari setelah tanam, sudah bisa rutin berbuah.

Baca Juga: Saparan Merti Dusun Krandegan 5: Kesenian Rakyat Sandul Sunti Masih Lestari

Beberapa alasan ini memotivasi salah satu warga asal Sumberagung Sleman, Djupri, senang menanam sayur gambas. Ia memberi tips bagaimana agar tanaman gambas lebih subur.

Pertama lahan yang bisa ditanami, misalnya di pinggir kolam ikan. Ketika rutin disiram air kolam maupun sering diberi lumpur asal kolam, menjadikan tanaman bisa tampil lebih subur. Kualitas gambas yang dihasilkan pun bagus-bagus.

“Air kolam maupun lumpur dari kolam banyak yang meyakini banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman antara lain karena ada kotoran-kotoran ikan. Bahkan dapat disebut sebagai pupuk organik yang dapat mendukung tingkat pertumbuhan ataupun suburnya suatu tanaman,” ungkap Djupri.

Baca Juga: Pentas Ketoprak di Hutan Randublatung 3: Tempat yang Sarat Mistik

Hal penting lain dalam menanam sayur gambas, sebutnya, agar gambas terhindar dari ulat atau hama lain, sebaiknya sejak calon bakal buah gambas sampai saatnya dipanen dibrongsong atau dibungkus plastik bening.

Selain itu terhindar dari terkena banyak air hujan, pasalnya jika banyak terkena air hujan, cita rasanya setelah dimasak bisa berbeda. Adapun pemanenan buah gambas, yakni ketika masih muda. Pasalnya, jika sudah ketuaan akan lebih keras serat-seratnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Ramuan Mujarab Penyembuh Scabies pada Kelinci

Minggu, 17 Oktober 2021 | 06:56 WIB

Latber Perkutut, Kung Mania Rasakan Gempa

Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:08 WIB

Milet Hitam, Pakan Berkualitas bagi Perkutut Berkelas

Minggu, 3 Oktober 2021 | 07:56 WIB

Selama Pandemi, Merpati Kolongan Kian Moncer

Jumat, 10 September 2021 | 11:56 WIB

Bagaimana Siasati Harga Pakan Ikan yang Dirasa Mahal?

Minggu, 29 Agustus 2021 | 19:34 WIB

Entog Jadi Satwa Hobi, ke Depan Diharapkan Ada Kontes

Jumat, 27 Agustus 2021 | 19:59 WIB
X