• Sabtu, 10 Desember 2022

Pelaku Kerusuhan di Babarsari Harus Ditindak Tegas, Sultan: Empat Tahun Lalu Saya Berdialog dengan Mereka

- Rabu, 6 Juli 2022 | 09:45 WIB
Update kerusuhan Babarsari, motor dibakar dan ruko dirusak. (Foto: Samento Sihono)
Update kerusuhan Babarsari, motor dibakar dan ruko dirusak. (Foto: Samento Sihono)

JOGJA, harianmerapi.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta kepolisian menindak tegas semua pelaku yang terlibat kasus kerusuhan di kawasan Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Senin (4/7/2022).

"Tindak saja bagi mereka yang melanggar pidana. Tegakkan hukum karena sudah terjadi pelanggaran," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Selasa (5/7), seperti dilansir dari Antara.

Ia meminta aparat kepolisian menuntaskan secara tegas dan adil, tanpa banyak pertimbangan sehingga kasus serupa tidak berulang di kemudian hari.

Baca Juga: Fakta Mengejutkan Kerusuhan Babarsari: Polisi Temukan 9 Jerigen Miras Oplosan di TKP, Pemiliknya Misterius

"Enggak usah punya pertimbangan lain, melanggar hukum sudah lakukan (penindakan) karena dengan dilakukan itu, maka yang lain tidak akan main-main. Masak sampai ada korban dan sebagainya tidak kita tindak, yang 'klitih' (kejahatan jalanan) saja kita tindak kok. Jadi kita harus adil untuk menegakkan hukum jangan pilih-pilih," kata dia.

Sultan menuturkan keributan antarkelompok warga pendatang sejatinya sudah pernah terjadi di kawasan Babarsari sekitar empat tahun silam.

Kala itu, ia berupaya menemui mereka dan mengajak berdialog.

Baca Juga: Update Kerusuhan Babarsari Senin Siang: 6 Motor Dibakar 8 Ruko Dirusak, Ini Pemicu Ricuh Kata Kapolres Sleman

"Empat tahun lalu juga sering berkelahi, saya datangi juga, saya bertemu dengan mereka," ujar Ngarsa Dalem sapaan Sultan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Status Gunung Semeru naik ke level IV menjadi awas

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:29 WIB
X