• Sabtu, 25 Juni 2022

Berawal dari Silaturahmi di Rumah Azwar AN, Teater Reriungan Sukses Pentas ‘Mlungsungi’

- Rabu, 27 April 2022 | 09:44 WIB
 Sebagian pendukung ‘Mlungsungi’ saat berkumpul di Rumah Maiyah Kadipiro. ( Foto: Sulistyanto)
Sebagian pendukung ‘Mlungsungi’ saat berkumpul di Rumah Maiyah Kadipiro. ( Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.comTeater Reriungan diperkuat oleh seniman teater Jogja lintas generasi, yakni angkatan 1970-2000-an. Paling muda, usianya 20 tahun dan tertua usia 84 tahun.

Tak kurang dari 92 personel, 57 di antaranya menjadi pemain, Teater Reriungan sukses mementaskan repertoar teater berjudul Mlungsungi (Lahir Kembali) karya Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) di TBY Jogja (25-26/3/2022) dan Sumobito Jombang (16/4/2022) lalu.

“Selanjutnya, 21 Mei 2022 mendatang akan kami pentaskan di Jakarta. Persiapan pentas di Jakarta dengan pemain lintas generasi atau tiga generasi pemain teater sudah kami siapkan pula dari sekarang,” papar Cak Nun, baru-baru ini.

Baca Juga: Truk Tertabrak Kereta Api di Gamping Sleman, Sopir dan Kernet Selamat, Begini Kronologinya

Ditemui di Rumah Maiyah Kadipiro, usai evaluasi pelaksanaan pentas Mlungsungi di Jombang, Cak Nun menjelaskan, ide membuat reriungan (pertemuan), lalu muncul nama Teater Reriungan dan pentas Mlungsungi, berawal saat beberapa seniman Jogja bersilaturahmi di tokoh teater Azwar AN, November tahun lalu.

Bahkan sebelum Azwar AN meninggal dunia, 27 Desember 2021, juga pernah menyempatkan datang ke Rumah Maiyah Kadipiro serta menyemangati rencana pentas teater yang melibatkan lintas generasi seniman teater di Jogja tersebut.

“Semoga pentas teater Reriungan dapat menjadi momentum membangun kebersamaan memperat tali persahabatan atau guyub rukun,” harap Cak Nun.

Baca Juga: Grup K-Pop BLACKPINK Dikabarkan Bakall Kembali Pentas pada Juni 2022

Ditambahkan Cak Nun, naskah Mlungsungi tersebut dari segala sisi kesusastraan maupun sebagai reportoar teater sangat berbeda secara mencolok dibanding naskah teater apapun, baik dari dalam maupun luar negeri.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X