Tiga Tersangka Pembakar Mahasiswa di Jogja Dijerat Pasal Berlapis, Begini Kronologi Lengkapnya

- Rabu, 27 April 2022 | 08:45 WIB
Tersangka kasus pembakaran terhadap seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta dihadirkan saat konferensi pers, di Mapolresta Yogyakarta, Selasa (26/4/2022).  (ANTARA/Luqman Hakim)
Tersangka kasus pembakaran terhadap seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta dihadirkan saat konferensi pers, di Mapolresta Yogyakarta, Selasa (26/4/2022). (ANTARA/Luqman Hakim)

JOGJA, harianmerapi.com - Polda DIY menjerat J (21), ANH (21), dan MZH (21) tersangka kasus pembakaran terhadap seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Jogja dengan pasal berlapis.

"Terhadap ketiga pelaku kami sangkakan pasal berlapis," kata Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat konferensi pers, di Mapolresta Jogja, Selasa (26/4/2022), seperti dilansir dari Antara.

Para tersangka, kata Ade, dijerat dengan Pasal 355 ayat 1 KUHP yaitu penganiayaan berat yang direncanakan dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara, subsider Pasal 354 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan berat yang tidak direncanakan dengan ancaman pidana maksimal 8 tahun.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 4 Tersangka Ledakan Mercon yang Hancurkan Rumah di Plosokuning Sleman, Ada Oknum Mahasiswa

"Kami juga menjerat tersangka dengan Pasal 56 karena dua tersangka lainnya diduga membantu dengan menyediakan kendaraan bermotor dan yang satu menjadi joki kendaraan bermotor," jelasnya.

Selain itu, polisi juga menjerat dengan Pasal 170 KUHP mengenai kekerasan secara bersama-sama di muka umum.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah Pasal 221 KUHP dengan ancaman 9 bulan penjara yang bunyi pasalnya adalah barang siapa menyembunyikan atau membantu pelaku kejahatan melarikan diri," ujar Ade.

Baca Juga: Pemuda Pituruh Purworejo Tewas Dipatuk King Kobra Peliharaan Sendiri, Begini Nasib Sang Raja Ular

Ade menjelaskan kasus pembakaran itu terjadi pada 23 Maret 2022 di kediaman korban berinisial DT, di kawasan Mergangsan, Kota Jogja.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa guncang Morotai, BMKG imbau warga tidak panik

Minggu, 29 Januari 2023 | 10:38 WIB

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda Kembali Erupsi

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:00 WIB
X