Paguyuban Sidji gelar pameran META NI di Jogja Gallery

- Kamis, 10 November 2022 | 09:00 WIB
Gandung Pardiman saat menyaksikan hasil karya dalam pameran bertajuk META NI. (Foto: Samento Sihono)
Gandung Pardiman saat menyaksikan hasil karya dalam pameran bertajuk META NI. (Foto: Samento Sihono)

HARIAN MERAPI - Pameran bertajuk META NI dilaksanakan di Jogja Gallery Pekapalan Alun-alun Utara Yogyakarta pada 8-18 November 2022. Pameran ini terselenggara dari para seniman yang tergabung dalam Paguyuban Sidji.

Paguyuban Sidji sendiri merupakan singkatan dari seniman pinggiran dari Imogiri, Dlingo dan Jetis, Bantul sisi timur. Pada pameran kali ini, Paguyuban Sidji menampilkan 58 karya lukisan, dari 26 seniman yang berpartisipasi.

Berdasarkan Sejarah Singkat Paguyuban Sidji tulisan Muhammad Fikri Muas, komunitas ini terbentuk pada awal tahun 1999.

Baca Juga: Bimsalabim, Satlantas Polresta Yogyakarta buka layanan bimbingan belajar gratis ujian SIM

Dimulai berkumpulnya beberapa seniman di Imogiri, mereka yaitu Suraji, Supangadi, Sri Harso, Sumardi, Sadarisman, Pencusanto, Dwi Haryanta, Sutrisno dan kawan-kawan.

Ketua Penyelenggara Pameran Sepa Darsono mengatakan paguyuban Sidji adalah kelompok kesenian. Kendati demikian keseharian seniman ini banyak dari anggota tidak hanya menggantungkan hidup dari kesenian saja.

"Ada yang berprofesi sebagai guru, toko kelontong, penjual tanaman, penjual pisau, petani bahkan debt collector," kata Sepa, di sela-sela pembukaan pameran, Rabu (9/11).

Baca Juga: Ferrari Michael Schumacher terjual Rp 200 miliar di rumah lelang Sotheby's

Menurutnya, anggota Paguyuban Sidji berjumlah 41 orang, yang sampai tahun 2021 telah mengadakan sekitar sebelas kali pameran. Anggota paguyuban ini juga mengalami regenerasi atau berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X