• Sabtu, 25 Juni 2022

50 Lukisan dan Patung Karya Daniel Kho Dipamerkan di Studio Kalahan Gamping Bertema,‘Mboh’

- Minggu, 27 Maret 2022 | 06:30 WIB
Daniel Kho dan contoh lukisannya yang dipamerkan di Studio Kalahan.  (Foto: Sulistyanto)
Daniel Kho dan contoh lukisannya yang dipamerkan di Studio Kalahan. (Foto: Sulistyanto)



SLEMAN, harianmerapi.com - Perupa Daniel Kho menampilkan 50 karyanya, baik lukisan maupun patung dalam pameran tunggalnya di Studio Kalahan Jalan Patukan Gamping Sleman, mulai Sabtu (26/03/2022) hingga Minggu (3/4/2022) mendatang.

Pameran ini mengusung tema, Mboh (tidak tahu) dan dibuka oleh Guru Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Prof M Dwi Marianto MFA PhD. Acara pembukaan dimeriahkan pula oleh musik cello yang dimainkan Asep Hidayat Wirayudha dan Medha Safia Djohan.

Dalam sambutan singkatnya, Prof M Dwi Marianto menjelaskan, tema yang diusung dalam pameran tersebut menarik dan unik. Ia yang sedang disibukkan dalam tugasnya pun berusaha menyempatkan waktu untuk membuka pameran dengan konsep menarik tersebut.

Baca Juga: Hadapi Puncak Mudik 2022, Ini Dua Opsi yang Disiapkan Kemenhub untuk Mengatasi Kemacetan

“Dari tema tersebut ada beberapa poin penting, misalnya jangan takut salah dalam berkarya, dan boleh berkata mboh maupun masa bodoh. Yang penting berkarya sebaik mungkin, tidak usah perlu memikirkan banyak teorinya saja,” ungkapnya.

Founder Studio Kalahan Heri Dono menjelaskan, pernyataan mboh atau tidak tahu yang sering kita lontarkan merupakan tembok atau pembatas antara diri kita dengan orang lain, dengan kondisi sekitar, atau bahkan antara diri yang dipresentasikan ke publik dengan realita yang terbangun dalam diri.

“Mboh sering kali menjadi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan eksistensial, sarat emosi dan rasa. Pernyataan mboh, kemudian menjadi semacam perlawanan, juga upaya membentuk ruang kontemplasi guna merancang langkah ke depan, baik yang kecil maupun besar,” jelas Heri.

Baca Juga: Khasiat Awar-awar untuk Menangkal Racun Bisa Ular dan Mengatasi Gatal atau Bisul

Karya-karya Daniel Kho, sebutnya, yang mengokupasi ruang pameran merupakan bagian dari kosmos yang dibuatnya sendiri, lahir dari pengalamannya dalam menegosiasi situasi-situasi yang pernah dia hadapi. Padat, ringan mengisi waktu, dan bermain dengan ritmus ceria, sebagai bentuk perlawanan terhadap mboh yang kita temui setiap hari.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X