• Minggu, 27 November 2022

Upaya regenerasi penulis sastra Jawa, Paramarta adakan workshop geguritan dan cerkak

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:50 WIB
Sebagian peserta workshop dalam sesion foto bersama seusai kegiatan.  (Teguh Priyono)
Sebagian peserta workshop dalam sesion foto bersama seusai kegiatan. (Teguh Priyono)

HARIAN MERAPI - Upaya untuk melestarikan tradisi literasi dan sastra di kalangan masyarakat luas terutama sastra dalam bahasa Jawa seperti geguritan dan cerita cekak (cerkak), Paguyuban Sastrawan Jawa Bantul (PSJB) Paramarta menggelar Workshop Menulis geguritan dan cerkak.

Kegiatan yang diikuti tidak kurang 25 peserta dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas geguritan dan cerkak, berlangsung di SMK N 2 Sewon, Timbulharjo, Sabtu (1/10/2022).

Sebagai mana diungkap Ketua PSJB Paramarta, Bambang Nugroho, kegiatan ini merupakan salah satu tanggung jawab paguyuban untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas guna melestarikan budaya literasi sastra Jawa melalui regenerasi penulis dan sastrawan muda.

Baca Juga: Persiapkan lulusan SMK masuki dunia kerja, SMK TKM Purworejo gandeng PT Bukaka lakukan sinkronisasi kurikulum

Menurut Bambang, salah satu upaya untuk menumbuhkan minat menulis khususnya karya sastra dalam bahasa Jawa harus dilakukan dengan bentuk workshop seperti ini.

"Ini kegiatan kali kedua sebelumnya Paramarta juga pernah pelakukan kegiatan yang sama yaitu workshop menulis novel berbahasa Jawa," tutur Bambang.

Dalam kegiatan ini dijelaskan Bambang, selain peserta mendapatkan materi serta bimbingan narasumber seperti M. Widhy Pratiwi, Umi Kuntari untuk penulisan cerkak.

Sedangkan Ardini Pangastuti, Suwarsidi atau eSWe Sidi untuk penulisan geguritan. Para peserta juga dibimbing bagaimana membuat karya sastra meski dengan tema sederhana.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Menpora : Harus ada yang mempertanggungjawabkan sesuai aturan

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Paguyuban Sidji gelar pameran META NI di Jogja Gallery

Kamis, 10 November 2022 | 09:00 WIB
X