• Kamis, 8 Desember 2022

Libatkan seluruh elemen masyarakat, Dinas Kebudayaan DIY kembali gelar FKY 2022

- Jumat, 9 September 2022 | 07:00 WIB
Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Dian Lakshmi Pratiwi SS MA saat memberikan keterangan pers .  (Foto: Yusron Mustaqim)
Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Dian Lakshmi Pratiwi SS MA saat memberikan keterangan pers . (Foto: Yusron Mustaqim)



HARIAN MERAPI - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY menggelar Festival Kebudayaan Yogyakarta 2022 (FKY 2022) di sejumlah lokasi kabupaten/kota di DIY, Senin-Minggu (12-25/9).

Kegiatan FKY 2022 kembali mengusung visi sama seperti tahun sebelumnya yakni "pencatatan kebudayaan".

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Dian Lakshmi Pratiwi SS MA mengungkapkan, FKY hadir sebagai kerja pencatatan kebudayaan untuk membaca, membicarakan, merayakan, dan mengingat dialektika kebudayaan hari ini. Sebagai dasar pengembangan dan penemuan, kebudayaan yang dicatat adalah kebudayaan yang menggambarkan praktik "keberdayaan warga".

Baca Juga: Naik tahta setelah penantian 70 tahun, ini agenda pertama Pangeran Charles yang bergelar Raja Charles III

"FKY 2022 merancang tema besarnya pada "Mengelola Air dan Tanah" sebagai narasi yang berfokus pada kawasan Gunungkidul dan Kulon Progo, kawasan yang dirasa masih kurang tercatat keterlibatannya berdasarkan peta subjek budaya FKY 2021," ujar Dian dalam konferensi pers yang digelar di Pendapa Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (8/9/2022).

Ditambahkan, terdapat tiga hal yang melatarbelakangi tema soal air dan tanah yaitu peran penting air dan tanah bagi kehidupan, keberadaan praktik dan subjeknya serta kemunculan isu tersebut pada tahun sebelumnya di Gunungkidul dan Kulon Progo yang mampu dikaji lebih dalam.

Sebagai fokus, air dan tanah pun dapat dieksplorasi dengan berbagai pemaknaan melalui praktik-praktik kebudayaan di DIY.

Baca Juga: Breaking News! Ratu Inggris Queen Elizabeth II mangkat di usianya yang ke-96 tahun, dunia berduka

Untuk itu kegiatan FKY 2022 tak hanya melibatkan seniman dan budayawan tetapi seluruh elemen masyarakat dapat terlibat.

"Tak hanya masyarakat perkotaan tetapi masyarakat pinggiran juga terlihat dalam kegiatan FKY 2022," terang Dian.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Paguyuban Sidji gelar pameran META NI di Jogja Gallery

Kamis, 10 November 2022 | 09:00 WIB
X