• Kamis, 8 Desember 2022

Keris tua tidak terawat karena dianggap ada kekuatan mistis, simak penjelasannya

- Kamis, 15 September 2022 | 13:55 WIB
Gus Poleng menunjukan keris yang mendapat perawatan tetap menunjukkan keindahannya meski usia sudah ratusan tahun.  (Teguh Priyono)
Gus Poleng menunjukan keris yang mendapat perawatan tetap menunjukkan keindahannya meski usia sudah ratusan tahun. (Teguh Priyono)

HARIAN MERAPI - Nyaris 60 persen lebih kondisi keris berusia tua yang ada di masyarakat mengalami kerusakan salah satunya mengalami korusi atau berkarat.

Hal ini terjadi karena banyak masyarakat yang memiliki benda pusaka itu masih awam dan tidak tahu cara merawat keris secara baik.

Sehingga banyak keris yang sebenarnya memiliki kualitas bagus secara material, justru menjadi rusak karena tidak terawat.

Baca Juga: Abu Bakar Baasyir terima kunjungan pimpinan BNPT, ini yang dibicarakan

Hal itu diungkap Nurjianto atau yang akrab disapa Gus Poleng pecinta keris yang juga pengurus Senapati Nusantara organisasi induk para pecinta keris di Indonesia, kepada sejumlah awak media di Sekretariat Senapati Nusantara di kawasan Ring Road Selatan Sokowaten, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Rabu (14/9/2022).

Lebih lanjut menurut Gus Poleng, masih banyak masyarakat yang beranggapan semua keris memiliki kekuatan mistis. Sehingga mereka tidak berani menyentuh bahkan membuka keris dari warangkanya karena takut.

Sehingga keris yang menjadi benda pusaka secara turun temurun justru tidak pernah disentuh dan bersihkan.

"Masyarakat masih memandang keris dari ranah mistiknya sehingga merasa takut untuk merawat secara baik keris yang dimilikinya. Dan Senapati Nusantara salah satunya memberikan edukasi terkait dengan pandangan yang masih keliru itu," ucap Gus Poleng.

Baca Juga: Jimly Asshiddiqie: setelah dua kali jabat presiden, Jokowi tak bisa nyalon wapres, ini alasannya

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Paguyuban Sidji gelar pameran META NI di Jogja Gallery

Kamis, 10 November 2022 | 09:00 WIB
X