• Jumat, 30 September 2022

Antologi Cerkak Anjunjung Srawung libatkan 35 penulis dan sastrawan Jawa

- Minggu, 31 Juli 2022 | 13:05 WIB
Suasana Diskudi Buku Antologi Anjunjung Srawung di Aula SMK Negeri 2 Sewon Bantul.  (Teguh Priyono)
Suasana Diskudi Buku Antologi Anjunjung Srawung di Aula SMK Negeri 2 Sewon Bantul. (Teguh Priyono)

HARIAN MERAPI - Tata krama dan sopan santun menjadi sesuatu yang penting dalam membentuk budi pekerti keseharian bagi anak-anak.

Hal itu semakin mendesak untuk dicari solusi, bagai mana menanamkankannya di kalangan anak-anak dan generasi muda.

Mengingat saat ini anak-anak dan generasi muda millenial banyak yang terjebak dalam pola asuh moderen sehingga penerapan tata krama dan adat santun berbudaya lokal Jawa, mulai tergerus.

Baca Juga: Luar biasa, Pedang Zulfikar milik Nabi Muhammad SAW bisa membelah tubuh manusia jadi dua bagian

Untuk mengembalikan tata krama dan adat santun agar terjaga serta menjadi sendi dasar pergaulan bagi masyarakat luas khususnya genersi muda.

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul menerbitkan buku kumpulan cerita cekak (Cerkak) atau antologi sastra dalam bahasa Jawa dengan tema Tata Krama dan Unggah-ungguh

bertajuk "Anjunjung Srawung" melibatkan 35 penulis sastra Jawa Bantul yang tergabung dalam Paguyuban Sastrawan Jawa Bantul (PSJB) Paramarta.

"Apresiasi untuk PSJB Paramarta yang senantiasa aktif dalam berkarya sehingga dapat membantu tugas-tugas Dinas Kebudayaan Bantul dalam hal pembinaan bahasa dan sastra daerah atau sastra Jawa," ucap Tri Jaka Suhartaka, S,S., MIP Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Bantul dalam acara Diskusi Buku Antologi Cerkak Anjunjung Swarung di Aula SMK Negeri 2 Sewon, Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga: Peringati HUT ke-3, Bupati Abdul Halim Muslih berharap MJC terus bermanfaat untuk masyarakat

Lebih lanjut menurut Tri Jaka, menjadi keprihatinan bersama saat ini tata krama dan unggah ungguh sepertinya telah luntur dalam kehidupan di keseharian masyarakat.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jogja siapkan Festival Prawirotaman, catat tanggalnya

Senin, 22 Agustus 2022 | 10:57 WIB
X