• Rabu, 5 Oktober 2022

Pengin ikut lomba Jemparingan gaya Keraton Ngayogyakarta? Pendaftaran masih dibuka untuk umum

- Rabu, 27 Juli 2022 | 11:46 WIB
Acara Jemparingan Mataram Gaya Yogyakarta Tahun 2019 di Alun-alun Selatan (Dinas Pariwisata DIY)
Acara Jemparingan Mataram Gaya Yogyakarta Tahun 2019 di Alun-alun Selatan (Dinas Pariwisata DIY)

HARIAN MERAPI - Olahraga Jemparingan Mataraman (Panahan) gaya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan digelar pada Sabtu (30/7/2022) di Alun-Alun Selatan Yogyakarta.

Olahraga rekreasi masyarakat yang diselenggarakan Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut bertujuan untuk memompa semangat kebangkitan masyarakat Yogyakarta pada khususnya.

Menurut Singgih Raharjo selaku Kepala Dinas Pariwisata DIY, panahan gaya Keraton Ngayogyakarta memiliki sejarah tersendiri yang sudah dikenal sejak awal berdirinya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Baca Juga: Bulan Suro mengapa keramat ? Simak sejarahnya dari zaman Sultan Agung di sini

Dijelaskan lebih lanjut memanah diajarkan untuk putra dan putri Sultan, kerabat raja serta abdi dalem berpangkat tinggi di lingkungan dalam karaton.

Keahlian memanah yang dulu dipakai untuk berperang melawan musuh, berburu binatang, membela diri dan lainnya saat ini diajarkan dengan tujuan pembentukan watak kesatria Mataram.

“Memanah diajarkan untuk putra dan putri Sultan, kerabat raja serta abdi dalem berpangkat tinggi di lingkungan dalam karaton."

"Bisa dikatakan sebagai pembentukan karakter seperti fokus, penuh semangat, memiliki percaya diri, serta berani bertanggung jawab.” ujar Singgih.

Baca Juga: Buaya serang pembonceng sepeda motor di Agam, begini kondisi korban

Lomba Jemparingan akan diselenggarakan dengan teknik memanah gaya Keraton Ngayogyakarta, dimana setiap peserta memakai busana yang sesuai daerah asal masing-masing.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X