• Selasa, 9 Agustus 2022

Sayembara Jemparingan PA Cup 2022 untuk Mangayubagya Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-210

- Rabu, 29 Juni 2022 | 07:37 WIB
Sayembara Jemparingan PA Cup 2022 di Lapangan Kopertis V, Jetis Yogyakarta, Minggu (26/6/2022). (Dinas Pariwisata DIY)
Sayembara Jemparingan PA Cup 2022 di Lapangan Kopertis V, Jetis Yogyakarta, Minggu (26/6/2022). (Dinas Pariwisata DIY)

JOGJA, harianmerapi.com - Dinas Pariwisata DIY bersama Kadipaten Puro Pakualaman menyelenggarakan Sayembara Jemparingan PA Cup 2022 di Lapangan Kopertis V, Jetis Yogyakarta, Minggu (26/6/2022).

Acara yang diikuti 70 club jemparingan di wilayah DIY tersebut juga dalam rangka Mangayubagya Hadeging Kadipaten Pakualaman ke 210 (hitungan masehi).

Sebelum perhelatan jemparingan dimulai, diawali dengan penampilan Tari Kekablak dari Sanggar Krincing Manis kemudian disusul parade prajurit yang membawa trophy bergilir Paku Alam.

Baca Juga: Beli Pertalite dan Solar Harus Daftar Mulai 1 Juli 2022, Kota Jogja dan 10 Wilayah Lainnya Uji Coba Tahap 1

Trophy tersebut kemudian diberikan kepada Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo diteruskan ke GKBRAy Adipati Paku Alam X dan Ketua Panitia K.R.T Radyowisroyo.

Sayembara Jemparingan PA Cup 2022 dibuka secara simbolis oleh GKBRAy Adipati Paku Alam X ditandai dengan pemukulan bende.

Kemudian acara dilanjutkan dengan menjemparing atau memanah bersama oleh Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Pakualam, Kepala Dinas Pariwisata DIY, K.R.T Radyowisroyo, dan B.P.H Kusuma Bimantoro selaku ketua PERPANI DIY.

GKBRAy Adipati Paku Alam X dalam acara tersebut mengatakan bahwa jemparingan di Kadipaten Pakualaman menjadi kegiatan olahraga tradisional yang selalu dilakukan baik pada Sabtu Kliwon ataupun setiap tahunnya pada lingkup nasional maupun internasional.

“Pada tahun ini sayembara jemparingan memperebutkan Trophy Mahkota Paku Alam kembali dilaksanakan, setelah sebelumnya ditiadakan karena pandemi."

"Kami berharap sayembara jemparingan perlu terus dilestarikan dan kedepannya dapat diselenggarakan dengan jumlah peserta yang lebih banyak.” Ujar GKBRAy Adipati Paku Alam X

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X