• Selasa, 26 Oktober 2021

Manfaat Nangka Sebagai Sumber Antioksidan

- Selasa, 21 September 2021 | 05:46 WIB
          Nangka mampu mendukung kesehatan badan serta bisa rutin dikonsumsi. (Foto: Sulistyanto)
Nangka mampu mendukung kesehatan badan serta bisa rutin dikonsumsi. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Nangka atau gori sudah masak termasuk jenis buah cukup populer. Cita rasa dan aromanya yang cukup khas disenangi berbagai kalangan ketika dikonsumsi langsung, dibuat minuman jus, campuran es buah maupun kolak.

Tak kalah penting daging buah nangka mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, antara lain ada vitamin A, B, dan C. Bahkan cukup kaya kandungan mineralnya seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Semua kandungan nutrisi ini sangat baik untuk mendukung  kesehatan tubuh secara alami.

Hal ini pun diyakini Joko SK yang tinggal di Mlati Sleman, sehingga ia berusaha senang mengkonsumsi nangka maupun hasil olahannya.

Baca Juga: Kisah dan Pesona Ratu Kalinyamat 6: Punya Pengaruh Kuat di Bidang Politik dan Militer

“Dengan adanya kandungan vitamin C yang tinggi menjadikan nangka bisa sebagai sumber antioksidan bagi tubuh agar tetap sehat,” papar Joko.

Dengan adanya antioksidan, lanjutnya, akan bisa membantu juga dalam menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel-sel darah putih, menghindarkan risiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan, misalnya flu.

Bahkan kandungan serat nangka juga berperan membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, jantung serta tekanan darah tetap normal.

Baca Juga: Siapa yang Main Kartu Remi Tadi Malam?

Lain halnya dengan kandungan vitamin A pada nangka, antara lain sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan sistem penglihatan.  Selain itu juga bagus untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir serta menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Tak ketinggalan, bisa membantu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Sedangkan kandungan kaliumnya antara lain sangat penting bagi tubuh untuk menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh, maupun  membantu mengatur  tekanan darah.

Dengan demikian akan dapat mengurangi risiko jantung dan stroke, caranya cukup mengkonsumsi rutin buah nangka maupun olahannya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Obat Alternatif Sariawan, Nomor 3 Jangan Pakai Gula

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Wolbachia: Solusi Demam Berdarah, Nyamuk Lawan Nyamuk

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:49 WIB

Karet Kebo Lancarkan Sirkulasi Darah dan Haid

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:01 WIB

Manfaat Jeruk Sunkist Sebagai Musuh Kolesterol Jahat

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:00 WIB

Asam Lambung Naik, Yuk Makan Pisang dan Melon

Rabu, 20 Oktober 2021 | 07:31 WIB
X