• Kamis, 23 September 2021

Manfaat Yoghurt untuk Dukung Kesehatan Kulit dan Gigi

- Rabu, 15 September 2021 | 09:29 WIB
          Yoghurt punya manfaat kesehatan, kemasannya bisa beragam pilihan. (Foto: Sulistyanto)
Yoghurt punya manfaat kesehatan, kemasannya bisa beragam pilihan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Salah satu hasil olahan susu sapi maupun kambing antara lain melewati proses fermentasi, yaitu yoghurt. Selain enak dikonsumsi, yoghurt juga mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, bahkan ada manfaat atau khasiat kesehatannya.

Sebagai pendukung kesehatan kulit, yoghur antara lain bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk membantu melembutkan, membersihkan jerawat dan mencegah penuaan. Dengan penerapan secara rutin dan disiplin, diharapkan kulit jadi lebih cerah dan halus.

Caranya, cukup menggunakan yogjurt kental plain pada kulit dan diamkan selama 10 menit.  Selanjutnya dibilas dengan air dan diharapkan dalam waktu tak lama bisa merasakan perbedaan sebelum dan setelah menggunakannya.

Baca Juga: Makenliving Tawarkan Solusi bagi Orang yang Ingin Abadikan Foto-foto Kenangan di Dinding

Selain itu yoghurt mengandung zinc yang bagus untuk mengurangi inflamasi akibat kulit terbakar matahari. Caranya, cukup menggunakan yoghurt dingin atau tambahkan gel aloe vera (lidah buaya), maka efek terbakar, lecet dan perih akan berkurang dengan efektif.

Tak ketinggalan, yoghurt diyakini sebagai salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi. Dengan cara ini akan bisa memangkas pengeluaran untuk pergi ke dokter gigi.

Caranya, yakni cukup dengan menggosokkan yoghurt pada gigi setiap hari dalam beberapa minggu. Gigi jadi lebih putih karena adanya kandungan kalsium dan fosfor pada yoghurt.  Lain halnya jika digunakan untuk keramas, antara lain akan menjadikan rambut jadi lebih bersih dari minyak dan membuatnya makin berkilau.

Baca Juga: Tamu Sungai Angker 2: Sosok Itu Panik Ketika Mendengar Suara Lolongan Anjing

Selain itu juga bagus untuk kulit kepala dan mengurangi rambut rontok serta bercabang.  Caranya, yakni cukup menggunakan seperti menggunakan kondisioner biasa atau cukup melakukan hair mask dengan yoghurt.

Bahkan bayi yang lahir dari ibu pengkonsumsi probiotik seperti yoghurt hanya memiliki setengah risiko pertumbuhan eksim, dan apabila di antara mereka mengalami eksim saat tumbuh menjadi anak-anak maka tingkat keparahan gejalanya terus berkurang secara signifikan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Mitos Soal Keaslian Madu dan Faktanya

Rabu, 22 September 2021 | 07:46 WIB

Manfaat Nangka Sebagai Sumber Antioksidan

Selasa, 21 September 2021 | 05:46 WIB

Makan Makanan Manis Bisa Bikin Anak Batuk, Ini Faktanya

Senin, 20 September 2021 | 15:56 WIB

Manfaat Ikan Cakalang untuk Mencegah dan Melawan Rematik

Minggu, 19 September 2021 | 20:08 WIB

Manfaat Kolang-kaling untuk Menyehatkan Sistem Pencernaan

Minggu, 19 September 2021 | 05:35 WIB

Manfaat Kemiri untuk Melawan Sembelit dan Ketombe

Jumat, 17 September 2021 | 05:25 WIB
X