• Selasa, 19 Oktober 2021

Aneka Manfaat Daun Jangkang, Dari Atasi Salah Urat Hingga untuk Kesehatan Rambut

- Senin, 13 September 2021 | 19:39 WIB
          Daun tanaman jangkang mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Daun tanaman jangkang mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Pohon jangkang, klumpang atau kepuh mempunyai nama berbeda di sejumlah daerah. Sebagai contoh di Madura sering disebut klompang, di Jawa biasa disebut jangkang, dan di Makassar disebut bungoro.

Selain dapat difungsikan sebagai pohon perindang di pinggir-pinggir jalan dan pencegah erosi di pinggir sungai serta manfaat lain, bagian daun, kulit buah serta kulit pohon ini diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan.

Cara menggunakannya pun tak rumit, misalnya sebagai obat alami untuk membantu mengatasi salah urat atau keseleo, yakni cukup dengan menghaluskan daun jangkang secukupnya.

Baca Juga: Program Mina Padi Kolam Dalam Signifikan, KPI Mina Makmur Panen Ikan Nila

Hasilnya segera dioleskan atau dibalurkan pada tangan atau kaki yang terkilir atau salah urat. Selanjutnya didiamkan sampai mengering sebelum dibersihkan.

Sedangkan bagian kulit pohon dan daun kepuh dapat dikombinasi antara lain sebagai obat herbal untuk membantu melawan rematik serta sebagai diuretik. Bahkan diyakini pula bisa berperan untuk menurunkan panas tubuh atau demam dan mendukung kebersihan maupun kesehatan rambut.

Lain halnya jika digunakan untuk membantu melawan kencing nanah, langkahnya, yaitu kulit buah yang tebal dikeringkan dan dibakar sampai menjadi abu. Hasilnya digunakan untuk memantapkan warna yang dihasilkan oleh kesumba.

Baca Juga: Perjalanan Pulang Menyusuri Punggung Bukit Ditemani Pocong

Air rendaman abu ini yang digunakan sebagai obat alami untuk kencing nanah. Hanya saja bagi  wanita yang sedang hamil dilarang  mengkonsumsi atau meminum jamu dari tanaman jangkang ini sebab bisa berdampak buruk bagi janin.

Tak ketinggalan, daging biji tanaman jangkang atau kepuh diyakini dapat dibuat minyak yang mengandung sebagian besar asam sterkulat, serta sebagian kecil terdiri atas asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, dan asam miristat. Produk minyak ini dapat dijadikan bahan pelumas, kosmetik, cat, dan plastik.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawang Dayak Dipercaya Mampu Lancarkan Air Seni

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:26 WIB

Ubi Ungu Kukus Lezat dan Menyehatkan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:14 WIB

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB
X