• Selasa, 26 Oktober 2021

Degan Bakar untuk Penyembuhan Gatal-gatal di Kulit

- Senin, 13 September 2021 | 06:10 WIB
          Degan bakar bisa ditambah perasan jeruk nipis, telur dan madu. (Foto: Sulistyanto)
Degan bakar bisa ditambah perasan jeruk nipis, telur dan madu. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Asupan air serta daging kelapa muda atau degan diyakini mempunyai manfaat membantu mencegah dan melawan gangguan kesehatan

Termasuk juga degan yang dibakar, lalu diberi tambahan perasan jeruk nipis dan madu murni. Bahkan bisa pula ditambah telur itik, atau bahkan ada yang memberi tambahan satu sendok garam krosok.

Seperti dijelaskan pemilik usaha penjualan degan termasuk degan bakar, Iwan Abdul Rahman di Ambarketawang Sleman atau timur kantor Kapanewon Gamping, beberapa testimoni pernah dijumpainya ketika seseorang rutin mengkonsumsi degan.

Baca Juga: Kelangkaan Chip Diperkirakan Sampai Tahun 2023, Diharap Tak Membuat Industri Menurun

Salah satunya, ada yang bisa sembuh dari gatal-gatal di kulit, setelah rutin mengkonsumsi air dan daging degan bakar ditambah satu sendok garam krosok.

Setelah sembuh, lalu untuk mencegah keluhan kesehatan tersebut, cukup rutin mengkonsumsi satu atau dua minggu sekali. Sebagian resep alami memanfaatkan degan, seperti yang dikombinasi dengan bahan-bahan lain berasal dari konsumen.

“Saya sendiri awalnya tak menyangka, degan yang sudah dibakar lalu ditambah garam dapat membantu sembuh dari serangan gatal-gatal. Tapi ada konsumen yang membawa garam, bahkan garamnya ditinggal di sini, lalu dicampurkan pada degan bakar. Atas izin Yang Maha Kuasa, bisa sembuh tapi untuk pencegahan, masih rutin juga membeli degan bakar di sini,” ungkap Iwan.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Memukul UMKM dan IKM, Butuh Bantuan Pemkab untuk Memasarkan Produknya

Ditambahkan, beberapa manfaat atau khasiat kesehatan lain dari degan tak dibakar maupun dibakar, antara lain diyakini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah, menghangatkan badan, musuh asam lambung, batu ginjal, kencing batu serta masuk angin.

Dengan izin Yang Maha Penyembuh, bahan alami berkhasiat ini juga diyakini bisa membantu mencegah serta melawan cacingan pada anak-anak, mual muntah karena mabuk naik kendaraan maupun terpicu penyakit seperti malaria, typhoid serta demam berdarah.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Obat Alternatif Sariawan, Nomor 3 Jangan Pakai Gula

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Wolbachia: Solusi Demam Berdarah, Nyamuk Lawan Nyamuk

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:49 WIB

Karet Kebo Lancarkan Sirkulasi Darah dan Haid

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:01 WIB

Manfaat Jeruk Sunkist Sebagai Musuh Kolesterol Jahat

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:00 WIB
X