• Selasa, 19 Oktober 2021

Ketumpang Air Musuh Bantu Atasi Serangan Batuk, Rematik dan Keluhan Kantong Kemih

- Kamis, 16 September 2021 | 12:33 WIB
Ketumpang air dapat juga ditanam di pot-pot, sewaktu-waktu membutuhkan tak perlu mencari di alam. (Foto: Sulistyanto)
Ketumpang air dapat juga ditanam di pot-pot, sewaktu-waktu membutuhkan tak perlu mencari di alam. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman berkhasiat obat dengan nama ketumpang air atau sirih cina, masih mudah ditemukan di alam sekitar. Selain itu ada yang menanam di pot-pot dan ditempatkan di kompleks rumah, sehingga sewaktu-waktu membutuhkan tak perlu mencari di alam.

Tanaman ini mempunyai bentuk daun menyerupai sirih, namun berukuran kecil. Sedangkan nama ilmiahnya, yakni Gynura procumbeus.

Sifatnya senang hidup di tempat lembab seperti tepi-tepi saluran irigasi, sehingga menjadikan banyak orang tak peduli dengan jenis tanaman ini. Padahal, warna putih yang terdapat dibawah daun sirih ini menandakan ada manfaat kesehatannya, yakni ada suatu zat anti bakteria.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 19: Berat Membayangkan Masa Depan

Cara pemanfaatannya untuk obat alami pun tak rumit, yaitu dimulai dengan mencuci bersih dahulu daun-daun ketumpang air menggunakan air bersih dan mengalir. Bahan alami ini lalu dibuat minuman jus dengan cara diblender.

Ada juga yang lebih sukua dikonsumsi secara langsung, misalnya sebagai lalapan. Dengan rutin mengkonsumsinya akan mendapat beberapa manfaat bagi kesehatan seperti sebagai musuh serangan batuk, rematik serta sejumlah keluhan pada kantong kemih.

Bahkan bisa juga sebagai bahan alami berkhasiat untuk membantu melancarkan buang air besar atau sebagai musuh sembelit.

Baca Juga: Yang Diajak Nonton di Bioskop Ternyata Saudara Kembar Pacar yang Sudah Meninggal

Lain halnya jika dibuat menjadi teh kesehatan, yaitu cukup menggunakan segenggam daun dan batang ketumpang air yang direbus dengan dua gelas air selama 15 hingga 20 menit. Teh kesehatan ini sekali minum cukup segelas, tapi tiga kali dalam sehari agar bisa segera dirasakan hasilnya.

Selain itu ketumpang air dengan izin Yang Maha Kuasa akan dapat mengatasi sejumlah gangguan kesehatan lain, seperti darah tinggi atau hipertensi, jerawat, rematik, diare, flu dan pegal-pegal.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawang Dayak Dipercaya Mampu Lancarkan Air Seni

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:26 WIB

Ubi Ungu Kukus Lezat dan Menyehatkan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:14 WIB

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB
X