• Selasa, 19 Oktober 2021

Kisah dan Pesona Ratu Kalinyamat 6: Punya Pengaruh Kuat di Bidang Politik dan Militer

- Selasa, 21 September 2021 | 05:30 WIB
Ratu Kalinyamat berhasil sebagai pemimpin yang baik dan disegani. (Ilustrasi Pramono Estu)
Ratu Kalinyamat berhasil sebagai pemimpin yang baik dan disegani. (Ilustrasi Pramono Estu)

RATU Kalinyamat tidak memiliki anak dari pernikahannya sehingga ia memiliki beberapa anak angkat untuk menemani kekosongannya. Ia mengasuh anak dari adiknya, Pangeran Timur yang masih sangat muda usianya ketika Sultan Trenggana meninggal.

Setelah dewasa Pengeran Timur menjadi adipati di Madiun dan terkenal dengan nama Panembahan Madiun. Ratu Kalinyamat juga mengasuh Pangeran Arya seorang putra dari Maulana Hasanuddin, Raja Banten yang menikah dengan putri Demak bernama Ratu. Pangeran Arya ini kelak yang akan menggantikan Ratu Kalinyamat memimpin Jepara.

Selain dua putra asuhnya itu, Ratu Kalinyamat juga turut membesarkan putra-putra Sultan Prawata yang merupakan adik kandungnya Ratu Kalinyamat. Ratu Kalinyamat juga memiliki putri angkat anak Sultan Cirebon bernama Dewi Wuryan.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 23: Tak Semudah Membalikkan Tangan

Kebaikan Ratu Kalinyamat, selain sebagai tumpuan keluarga besar kerajaan Demak, Ratu juga membesarkan anak asuh dan kemenakannya dengan penuh tanggung jawab.

Peran yang diembannya dilakukan dengan begitu baik. Bahkan, sepak terjang Ratu Kalinyamat telah diketahui melampaui zamannya.

Ratu Kalinyamat sebagai pemimpin, yaitu bupati Jepara memiliki pengaruh yang kuat di bidang politik dan militer. Ratu Kalinyamat pun dipercaya untuk bekerjasama militer oleh Raja Johor dalam mengusir Portugis tahun 1550.

Baca Juga: Kamar Kos Nomor Tiga Belas 1: Di Tembok Terdengar Suara Orang Ngorok

Ratu Kalinyamat menyetujui ajakan kerjasama dengan Johor dan mengirimkan 40 armada kapal yang berisi empat sampai lima ribu prajurit. Pada masa kepemimpinannya Jepara pun menjadi Kerajaan Bahari yang menjadikan rakyat dapat hidup dengan mengandalkan lautan sebagai sumber utama.

Keberhasilan Ratu Kalinyamat membuat dirinya menjadi pemimpin tanah Jepara yang amat disegani. Kebarhasilan Ratu Kalinyamat lainnya adalah Jepara mememiliki pelabuhan terbesar di tanah Jawa dan memiliki armada laut yang besar dan kuat. Pada masa kepemipinannya kurun 30 tahun lamanya, Jepara mencapai masa-masa kejayaan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilang Ditelan Siluman karena Masuk Hutan Larangan

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Kakak Kesurupan, Setannya Bilang Suka Sama Aku

Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Mensyukuri Nikmat 33: Menyesal Telah Menikah Muda

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:50 WIB
X