• Selasa, 26 Oktober 2021

Manfaat Labu Siam Sebagai Sumber Antioksidan Membersihkan Radikal Bebas di Tubuh

- Kamis, 16 September 2021 | 16:03 WIB
          Labu siam dapat dijadikan bahan asupan menyehatkan. (Foto: Sulistyanto)
Labu siam dapat dijadikan bahan asupan menyehatkan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Ketika menyambangi tempat penjualan sayur ataupun warung makan penyedia aneka jenis sayur, biasanya akan menemukan sayur berbahan labu siam.

Selain memiliki cita rasa khas dan kandungan gizi, sayur ini diyakini pula mengandung manfaat atau khasiat kesehatan. Salah satunya, yaitu labu siam atau sering disebut juga jipang.

Manfaat kesehatannya, antara lain dapat dijadikan pilihan asupan bergizi serta sebagai sumber antioksidan cukup tinggi. Dengan kandungan ini, antara lain mampu membantu menyingkirkan atau membersihkan radikal bebas di tubuh.

Baca Juga: Diungkap Polresta Banyumas Jateng, Remaja 14 Tahun Disetubuhi Ayah dan Kakak Kandung Sendiri Selama 2 Tahun

Ketika radikal bebas tak menumpuk, diyakini akan terhindar dari beberapa gangguan kesehatan termasuk diantaranya penyakit kanker. Adapun kandungan asam folat dalam buah labu siam sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Adanya Kalsium juga berguna dalam menjaga tekanan darah dan membersihkan karbondioksida di dalam darah.

Selain itu asupan berbahan labu siam juga diyakini dapat berperan dalam mengatasi perut kembung, sebab dalam labu siam mengandung zat diuretik yang bermanfaat mengobati gangguan kesehatan pada perut.

Bahkan sejumlah sumber juga menyebutkan, setiap 100 gram labu siam mengandung sebanyak 125 gram potassium yang bermanfat sebagai sumber stamina bagi tubuh.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 19: Berat Membayangkan Masa Depan

Lain halnya jika digunakan sebagai ramuan alami musuh batu ginjal, yaitu cukup merebus daun labu siam secukupnya. Lalu air rebusan ini disaring serta diminum tiga sampai lima kali sehari. Tak ketinggalan, bisa juga sebagai obat alami untuk tumit hitam ataupun pecah-pecah. Cara sederhananya, yaitu bisa menggunakan getah labu siam.

Bahan alami ini cukup dioleskan dan dibiarkan beberapa saat hingga kering. Selanjutnya tumit dicuci sampai bersih. Jika dilakukan secara rutin, akan segera dirasakan hasilnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Obat Alternatif Sariawan, Nomor 3 Jangan Pakai Gula

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Wolbachia: Solusi Demam Berdarah, Nyamuk Lawan Nyamuk

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:49 WIB

Karet Kebo Lancarkan Sirkulasi Darah dan Haid

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:01 WIB

Manfaat Jeruk Sunkist Sebagai Musuh Kolesterol Jahat

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:00 WIB
X