• Kamis, 9 Desember 2021

Daun Ubi Percepat Sembuhnya Demam Berdarah

- Senin, 23 Agustus 2021 | 09:41 WIB
          Bagian daun tanaman ubi jalar mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Bagian daun tanaman ubi jalar mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman ubi jalar sudah tak asing lagi di masyarakat. Bagian daging umbinya antara lain ada yang warna kuning, kemerahan dan ungu. Tak hanya bagian umbinya, bagian daun dari tanaman ini juga ada beberapa warna dan bentuk.

Baik bagian umbi maupun daunnya juga diyakini mempunyai khasiat kesehatan, sehingga sudah selayaknya tak dipandang sebelah mata. Seperti diyakini oleh Suryanto asal Seyegan Sleman, beberapa kandungan nutrisi dalam daun ubi jalar bagus untuk mendukung kesehatan termasuk ada kandungan zat besi. Wajar jika asupan/ramuan berbahan daun ubi juga diyakini bisa mempercepat sembuhnya demam berdarah secara alami.

“Tentang manfaat kesehatan sampai cara pemanfaatannya sudah banyak dikupas di media termasuk secara online atau lewat internet,” terangnya.

Adapun resep sederhana untuk membantu mempercepat sembuhnya demam berdarah, yakni bisa dengan memanfaatkan satu ikat daun ubi jalar yang sudah dicuci bersih. Selanjutnya segera direbus dengan satu liter air bersih sampai mendidih. Setelah dalam keadaan hangat disaring dan diminum secara rutin air rebusan daun ubi jalar tersebut sebagai pengganti air minum. Dalam sehari bisa minum kisaran satu liter air hasil rebusan tersebut.

Baca Juga: Kentang Sebagai Sumber Antioksidan

Lain halnya jika digunakan untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan, yaitu memanfaatkan daun ubi jalar secukupnya. Meski daun berlubang-lubang karena dimakan belalang, tak masalah. Hal ini menandakan, bagian daun tak disemprot menggunakan obat-obatan pestisida maupun insektisida. Setelah dicuci bersih lalu dijemur sampai benar-benar kering. Bahan ini selanjutnya ditumbuk sampai halus dan diseduh dengan air panas pada malam hari serta diminum pada pagi hari. Cara ini rutin dilakukan sampai sakit tenggorokan bisa sembuh.

“Lalu ketika bisa rutin mengkonsumsi bagian umbi dari tanaman ubi jalar, asal tak berlebihan juga bisa berdampak positif bagi kesehatan,” papar Suryanto.

Salah satu kandungan gizinya, yakni vitamin C pada bagian umbi tanaman ubi jalar, antara lain bisa berperan membantu menjaga kebugaran, menyingirkan radikal bebas ataupun meningkatkan kekebalan tubuh dari beberapa gangguan kesehatan. Sedangkan kandungan vitamin A-nya antara lain berperan menjaga dan meningkatkan kesehatan mata secara alami. Ada juga yang merasa cocok, ketika bisa rutin mengkonsumsi ubi terlebih jenis ubi ungu dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca Juga: Bisikan dari Sukun Growong 3: Jodoh Datang Tanpa Diduga

Sedangkan kandungan mineral pada ubi ungu, misalnya zat besi dan magnesium bisa berperan meningkatkan energi yang dibutuhan untuk beraktivitas. Bahkan adanya kandungan zat besi bisa ikut merangsang produksi pembentukan sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh. Dengan kata lain bisa membantu menghindarkan dari serangan anemia atau darah rendah secara alami.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Waspada! Risiko Kasus ISPA Meningkat Saat Musim Hujan

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:45 WIB

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB
X