• Senin, 27 Juni 2022

Patung Soekarno Karya Yusman Menandai Pos Lintas Batas Negara

- Selasa, 24 Mei 2022 | 14:55 WIB
Yusman bersama salah satu Patung Soekarno dalam proses finishing.  (Teguh P)
Yusman bersama salah satu Patung Soekarno dalam proses finishing. (Teguh P)

harianmerapi.com - Kawasan yang berada di paling ujung wilayah Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI) yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, membutuhkan simbol yang dapat dengan mudah dikenal sebagai penanda wilayah NKRI.

Salah satunya dengan mendirikan patung tokoh yang begitu familier dalam sejarah kemerdekaan republik ini yaitu salah seorang tokoh Proklamator Ir. Soekarno.

Sebenarnya Dwi Tunggal Proklamator bangsa ini adalah Soekarno-Hatta yang sudah diabadikan dalam monumen Proklamasi di jalan Kebangsaan Jakarta dan sebagai nama bandar udara internasional Soekarno-Hatta (Soeta) Cengkareng.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah GPDRR 2022 di Bali, SMA Muhi Ikuti Gerakan Revolusi Mental Penanaman 10 Juta Pohon

Sehingga pemasangan patung Soekarno di sejumlah perbatasan di ujung wilayah NKRI merupakan bagian dari simbol filosofi kebangsaan negara ini.

"Soekarno itu seorang orator yang memiliki karakteristik berkharisma sehingga dalam setiap pidatonya selalu memiliki ciri khas dan itu sangat melekat dalam benak generasi ke generasi," tutur Yusman ketika ditemui harianmerapi.com di studionya Tegal Senggotan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Selasa (24/5/2022).

Dalam pandangan suami Murtri Yuni Arnawati ini, Soekarno memiliki ciri khas dalam setiap berorasi dengan intonasi suara serta gerak tubuh atau gestur yang mampu memikat khalayaknya.

Baca Juga: Polres Temanggung Tangkap Dua Pelaku Penganiayaan dan Perampasan HP

Sehingga dengan memotret satu gerakan tubuh yang menjadi kebiasaan dalam berorasi, seperti adegan menunjuk misalnya orang akan mudah mengingat pahlawan yang sekaligus proklamator bangsa ini.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X