• Sabtu, 13 Agustus 2022

Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Ambassadors Gathering Diikuti 13 Negara

- Jumat, 17 Juni 2022 | 08:45 WIB
Rangkaian acara UMY Ambasadors Gathering yang digelar di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng Jakarta.  (Foto: Dok BHP UMY)
Rangkaian acara UMY Ambasadors Gathering yang digelar di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng Jakarta. (Foto: Dok BHP UMY)


JAKARTA, harianmerapi.com - Banyaknya mahasiswa asing yang mendaftar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), menjadi alasan tersendiri digelarnya kegiatan bertajuk ‘UMY & Ambassadors Gathering.’

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng DKI Jakarta, Kamis (16/6/2022), diikuti sejumlah duta besar dan perwakilan dari 13 negara dan merupakan acara pertama kali yang diadakan oleh UMY.

Adapun duta besar ataupun perwakilannya yang hadir dalam acara tersebut antara lain dari Syiria, Pakistan, Ekuador, Afrika Selatan, Turki, Taiwan, Palestina, Moroko, Yaman, Irak, Thailand, Bangladesh dan Perancis.

Baca Juga: 1.411 Warga Asing dari 59 Negara Mendaftar Sebagai Calon Mahasiswa UMY, Terbanyak dari Afganistan

Prof Syafiq A. Mughni MA PhD (Ketua PP Pusat Muhammadiyah) dalam sambutannya mengungkapkan, diselenggarakannya agenda silaturahmi UMY dengan para duta besar dari beberapa negara tersebut merupakan agenda yang sangat penting.

“Hal seperti ini termasuk dari amanah tujuan Muhammadiyah ke depannya, yaitu internasionalisasi Muhammadiyah. Sehingga ke depannya nanti tentu kapasitas lembaga pendidikan yang menangani program internasionalisasi harus terus meningkat,” paparnya.

Selain harus terus meningkat, lanjut Prof Syafiq, harus lebih ekspansif pula dalam menjalani kerja sama, bukan saja di dalam merekrut mahasiswa asing untuk belajar di UMY, namun juga dalam mengirim mahasiswa UMY yang ada di Indonesia untuk belajar di berbagai negara.

Baca Juga: PSSI Berubah Sikap, Shin Tae-yong tetap Latih Timnas Senior

“Tak kalah penting juga, yakni adanya pertukaran antar dosen internasional, hal tersebut merupakan kegiatan yang sangat memperkuat kecakapan secara akademik,” tandasnya.

Hal senada diungkap pula oleh Rektor UMY, Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM, dengan dilaksanakannya ‘UMY & Ambassadors Gathering’ yakni silaturahmi dengan duta besar atau perwakilannya antara lain akan dapat meningkatkan kerja sama lebih jauh terutama dalam bidang pendidikan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X