• Kamis, 6 Oktober 2022

Orang Tua dan Wali Boleh Hadir Dalam Wisuda, Rektor UMY: Kita Wajib Terus Belajar

- Jumat, 10 Juni 2022 | 09:45 WIB
UMY gelar rangkaian wisuda periode IV Tahun Ajaran 2021/2022 di Sportorium UMY.  (Foto: Dok BHP UMY)
UMY gelar rangkaian wisuda periode IV Tahun Ajaran 2021/2022 di Sportorium UMY. (Foto: Dok BHP UMY)


BANTUL, harianmerapi.com - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mewisuda 1.440 lulusan, baik dari Program Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana Periode IV Tahun Ajaran 2021/2022 di Sportorium UMY.

Ikhtiar agar bisa menerapkan protokol kesehatan dengan baik, antara lain wisuda dilaksanakan dua hari, Rabu serta Kamis (8-9/6/2022). Selain itu segenap hadirin juga memakai masker.

Wisuda pada hari kedua, Rektor UMY Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM dalam sambutannya mengungkapkan, menjelang 2040 mendatang, Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi (jumlah penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan penduduk usia tak produktif).

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Kondisi Jasad Eril: Masih Utuh, Wangi Seperti Wangi Daun Eucalyptus

Sehingga ketersediaan sumber daya manusia usia produktif yang melimpah harus diimbangi dengan peningkatan kualitas dari sisi pendidikan dan keterampilan, termasuk kaitannya dalam menghadapi keterbukaan pasar tenaga kerja.

“Negara ini diharapkan telah siap untuk menjadi negara yang dihormati di dunia internasional. Suatu hal yang sangat penting, penyiapan sumber daya manusia,” tegasnya.

Para tenaga muda dengan kelebihan energi yang ada, lanjut Prof Gunawan, haruslah sepadan dengan kualitas dan skill yang dimiliki. Suatu hal disyukuri pula, segenap wisudawan-wisudawati telah menapaki satu persiapan dengan kualitas yang lebih baik.

Baca Juga: Hasil Tes Negatif Tak Berarti Aman dari Covid-19, Ini Faktanya

“Namun perlu diingat, pendidikan sarjana dan pascasarjana bukanlah akhir dari segalanya, selama nyawa masih ada di dalam tubuh, kita wajib terus belajar untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri,” tandas Prof Gunawan.

Sedangkan pada wisuda hari pertama, Wakil Rektor I UMY Bidang Akademik, Prof Dr Ir Sukamta ST MT IPM menjelaskan, suatu kebahagian tersendiri, sebab wisuda saat ini orang tua dan wali wisudawan-wisudawati boleh menyaksikan langsung rangkaian prosesi wisuda.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X