• Kamis, 18 Agustus 2022

Pusat Studi Biotechnology dan Halal Center UMY Gelar Pelatihan Pendampingan Proses Produk Halal

- Selasa, 14 Juni 2022 | 09:00 WIB
 Sebagian peserta Pelatihan Pendampingan Proses Produk Halal yang diselenggarakan Pusat Studi Biotechnology dan Halal Center UMY.  (Foto: Dok BHP UMY)
Sebagian peserta Pelatihan Pendampingan Proses Produk Halal yang diselenggarakan Pusat Studi Biotechnology dan Halal Center UMY. (Foto: Dok BHP UMY)

BANTUL, harianmerapi.com - Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia telah menjadi penopang perekonomian dalam persaingan pasar global, sehingga suatu hal penting adanya standarisasi produk halal yang diproduksi oleh para pelaku usaha melalui pendampingan Proses Produk Halal (PPH).

Demikian ditegaskan Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI, Dr HA Umar MA saat menjadi nara sumber Pelatihan Pendampingan Proses Produk Halal di Gedung Pascasarjana UMY, Tamantirto Bantul, Senin (13/6/2022).

Adapun penyelenggara pelatihan pendampingan, yaitu pendampingan proses produk halal yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Biotechnology dan Halal Center UMY.

Baca Juga: Orang Tua dan Wali Boleh Hadir Dalam Wisuda, Rektor UMY: Kita Wajib Terus Belajar

Lebih lanjut, Dr HA Umar mengungkapkan, sertifikasi halal pada produk makanan dan minuman yang dijual oleh pelaku UMK dapat memberikan jaminan kepada konsumen, bahwa produk yang dikonsumsi jelas kepastian halalnya.

“Artinya juga tidak ada kontaminasi zat-zat yang bersifat haram, najis dan dampaknya tidak dapat merusak tubuh bagi masyarakat,” jelas Umar.

Ditambahkan pula, sertifikasi bagi produk pelaku UMK merupakan sesuatu yang wajib dilakukan sehingga terdapat tiga unsur tahapan yang harus dilakukan selama proses sertifikasi halal.

Baca Juga: Kasus Dugaan Suap Perizinan Apartemen, Pukat UGM : Korporasinya Harus Dimintai Pertanggungjawaban

”Hal yang harus dilakukan selama melakukan proses sertifikasi halal melalui tiga unsur,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X