Disdagkop UKM Sukoharjo antisipasi kenaikan harga jelang Natal dan tahun baru

- Minggu, 27 November 2022 | 07:20 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat memantau bahan pokok pangan di Pasar Bekonang Mojolaban Sukoharjo.  (Wahyu imam ibadi)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat memantau bahan pokok pangan di Pasar Bekonang Mojolaban Sukoharjo. (Wahyu imam ibadi)

HARIAN MERAPI - Menjelang Natal dan Tahun Baru stok dan harga kebutuhan pokok dipantau ketat mengantisipasi masalah muncul seperti keterbatasan barang dan kenaikan harga.

Kondisi keterbatasan barang dan kenaikan harga tersebut rawan terjadi karena faktor cuaca dan tingginya permintaan masyarakat. Pemantauan dilakukan di pasar tradisional dan distributor termasuk jalur perdagangan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Sukoharjo Iwan Setiyono, Sabtu (26/11/2022) mengatakan, pemantauan rutin kebutuhan pokok masyarakat masih terus dilakukan.

Baca Juga: Daftar hari libur tahun 2023, dari libur tahun baru, hari nasional hingga cuti bersama, total 24 hari

Namun kegiatan lagi ini lebih diperketat di semua pasar tradisional yang dikelola Pemkab Sukoharjo maupun pasar desa milik pemerintah desa. Sasaran pemantauan berupa barang kebutuhan pokok baik pangan maupun non pangan.

Untuk barang kebutuhan pokok pangan di pasar tradisional diketahui masih aman. Stok melimpah dan harga stabil.

Perubahan harga terjadi secara fluktuatif karena beberapa penyebab seperti cuaca dan barang bahan baku impor.

"Misal untuk kedelai sebagai bahan baku produksi tahu dan tempe masih impor dan ada kenaikan. Ini berimbas pada harga tahu dan tempe. Sedangkan barang pokok pangan lainnya bersumber lokal fluktuatif, namun mayoritas harga stabil," ujarnya.

Baca Juga: KRL KA 5144C jurusan Stasiun Kampung Bandan ke Manggarai anjlok, 50 penumpang dievakuasi

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

722 Atlet Ikuti Sukoharjo Karate Open Championship

Minggu, 29 Januari 2023 | 13:05 WIB

Peringatan Hari Gizi, momen bangkit tangani stunting

Kamis, 26 Januari 2023 | 20:25 WIB
X