Libatkan Forkopimda Sukoharjo Cakades Deklarasi Damai Pilkades serentak 13 desa

- Sabtu, 26 November 2022 | 05:30 WIB
Calon Kepala Desa Gumpang Kecamatan Kartasura Dwi Nuryanto saat penandatanganan deklarasi damai Pilkades serentak 13 desa di pendapa GSP Pemkab Sukoharjo.  (Foto: Wahyu Imam Ibadi)
Calon Kepala Desa Gumpang Kecamatan Kartasura Dwi Nuryanto saat penandatanganan deklarasi damai Pilkades serentak 13 desa di pendapa GSP Pemkab Sukoharjo. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

HARIAN MERAPI - Calon kepala desa (Cakades) yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 13 desa pada 8 Desember 2022 mengikuti deklarasi damai.

Penandatanganan bersama dilakukan dengan melibatkan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo. Kegiatan digelar di pendapa Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo, Jumat (25/11).

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, Pemilihan Kepala Desa merupakan Penyelenggaraan Demokrasi yang sudah berjalan berpuluh tahun yang lalu sebagai warisan leluhur kita.

Selain itu pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat.

Baca Juga: TPIP dan TPID rumuskan strategi pengendalian tingkat inflasi jelang akhir tahun dengan meningkatkan sinergi

Dalam pelaksanaannya pilkades terasa lebih spesifik dari pada pemilu-pemilu di atasnya. Yaitu adanya kedekatan dan keterkaitan secara langsung antara pemilih dan para calon. Sehingga, suhu politik di lokasi sering kali lebih terasa dari pada saat pemilu pemilu yang lain.

Pengenalan atau sosialisasi terhadap calon-calon pemimpin bukan lagi mutlak harus lagi penting. Para bakal calon biasanya sudah banyak dikenal oleh setiap anggota masyarakat yang akan memilih.

Namun demikian sosialisasi program atau visi misi sering kali tidak dijadikan sebagai media kampanye atau pendidikan politik yang baik. Kedekatan pribadi, akan sering kali banyak dipakai oleh masyarakat untuk menentukan pilihannya.

Pemilihan Kepala Desa serentak adalah amanat Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang berbunyi Pemilihan Kepala Desa dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Kabupaten/Kota.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X